Misteri 3 Sumur di Pali Mendadak Berisi Pertalite, Warga Heboh dan Gunakan Isi Sepeda Motor, Bisa Rusak Mesin?

Misteri 3 Sumur di Pali Mendadak Berisi Pertalite, Warga Heboh dan Gunakan Isi Sepeda Motor, Bisa Rusak Mesin?

Sumur di Pali Sumsel keluarkan pertalite? warga jheboh. Foto: harian Muba--

Misteri Sumur di Pali yang Mendadak Berisi Pertalite, Warga Heboh dan Gunakan Cairan pada Sepeda Motor, Bisa Rusak Mesin?

PALI- OKES.NEWS- Ada 3 sumur di Desa Betung Selatan, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) tiba-tiba mengeluarkan cairan yang menyerupai Pertalite, jenis bahan bakar minyak (BBM).

Heboh. Dan kabar ini cepat menyebar dan warga sekitar datang ke lokasi sumur untuk mengambil cairan tersebut dan menggunakannya pada sepeda motor.

Pemilik sumur yang tercemar, Sarnawi, melaporkan kejadian tersebut kepada PT Pertamina Adera Field setelah mereka menemukan sumur tersebut mencemari air pada Jumat sore, 25 Juni 2023. 

Dia mengatakan bahwa cairan yang keluar dari sumur memiliki bau seperti Pertalite dan berwarna hijau. Bahkan, ketika cairan tersebut digunakan pada tangki motor, mesin motor berfungsi dengan normal.

BACA JUGA:Tiga Sumur Warga Pali Tercemar Minyak Pertalite, Pertamina Bikin Pernyataan

Anehnya, selain sumur milik Sarnawi, ada dua sumur lain yang juga tercemar dan memiliki bau serta warna yang sama. Salah satu sumur, milik Marsuki, telah dipasangi garis polisi untuk mencegah ledakan atau kebakaran.

Tuti Dwi Patmayanti, Head Of ComRel & CID Zona 4, menjelaskan bahwa cairan yang keluar dari sumur bukanlah Pertalite, tetapi minyak mentah atau crude oil. 

Dia mengatakan bahwa jika terjadi kebocoran pipa Pertamina, yang keluar bukanlah Pertalite, melainkan minyak mentah. 

Dia juga menyatakan bahwa cairan yang keluar dari sumur bukanlah produk jadi, tetapi memerlukan proses lebih lanjut dan pengolahan untuk menjadi produk yang siap digunakan.

Bakrin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)PALI, menyebutkan bahwa sumur-sumur warga tersebut tercemar oleh minyak yang sudah jadi, bukan minyak mentah. 

BACA JUGA:179 PPPK Kabupaten PALI Dilantik

Dia menduga bahwa tercemarnya sumur tersebut disebabkan oleh rembesan minyak dari bunker Pertashop dan kios BBM Pertalite yang berjarak dekat dengan sumur warga. Pihak DLH bersama polres sedang menyelidiki asal minyak tersebut untuk memastikan sumbernya.(*)

Berita ini tayang di Harianmuba.com dengan judul: warga-pali-heboh-3-sumur-warga-mendadak-berisi-pertalite-ini-mungkin-penyebabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: