Ada Satwa Liar yang Bisa Dinikmati Pengguna Jalan di Ruas Tol Sibanceh, Sigli-Banda Aceh

Ada Satwa Liar yang Bisa Dinikmati Pengguna Jalan di Ruas Tol Sibanceh, Sigli-Banda Aceh

Tol Sibancah: Sigli-Banda Aceh, di bawah ruas tol tersebut akan dibuar terowongan untuk lintasa pelestarian satwa liar. Salah satunya satwa gajah Sumatera. --

Ada Satwa Liar yang Bisa Dinikmati Pengguna Jalan Ruas Tol Sibancah, Sigli- Banda Aceh 

BANDA ACEH-OKES.NEWS-Total ruas Tol Sigli–Banda Aceh, sering disebut tol Sibanceh, panjangnya mencapai 74 kilometer.

 Jalan tol trans Sumatera (JTTS) ini sebagian telah operasional. Dan dinikmati pengguna jalan di provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini.

Diketahui, tol Sibaceh terbagi dalam enam seksi. 3 seksi di antaranya telah beroperasi yaitu seksi 3 ruas tol Jantho–Indrapuri, dan seksi 4 rus tol Indrapuri–Blang Bintang. 

Dan yang baru diiperasional akhir Juni, atau tepatnya 22 Juni 2023 adalah ruas tol Blang Bintang-Baitusaalam. Ruas tol ini masuk seksi 5-6 Sibanceh.

Sementara itu, seksi 3 yang ditargetkan selesai pengerjaan konstruksinya hingga akhir tahun 2023 ini adalah seksi 2 Seulimum–Jantho dengan jarak 6 kilometer.

Direncanakan tol Sibanceh ini memiliki terowongan perlintasan satwa, untuk melindungi satwa gajah Sumatera, dan satwa lainnya.

Ini sebagai komitmen menyelaraskan keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian satwa, satwa gajah Sumatera.

Salah satunya adalah terowongan yang hendak dibentuk untuk perlintasn gajah adalah di STA 13+800.

BACA JUGA:Meski Tarif Ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Gratis, Perhatikan Imbauan dari Pengelolanya?

Kalau ini nanti ruas tol seksi 1 sudah operasional akan seperti pelestarian satwa yang sudah dilakukan di bawah jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau.  


JTTS, Tol Sibancah Sigli- Banda Aceh --HK Instagram

Gajah-gajah sumatera binaan Pusat Latihan Gajah Minas Riau bisa  lalu lalaang dan terkendali melewati jalur terowongan gajah di bawah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, provinsi Riau tersebut.

Ya usa usai tol Blang Bintang - Baitussalam, kini yang dikebut oleh Hutama Karya selaku pengelola jalan tol adalah dari tol Sigli-Banda Aceh Seksi 1-Padang Tiji Seulimeum?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: