Cegah Peyebaran DBD, Dinkes OKU Lakukan Fogging

Cegah Peyebaran DBD, Dinkes OKU Lakukan Fogging

PENCEGAHAN: Petugas dari Dinas Kesehatan dan instansi terkait lakukan fogging ke rumah warga untuk mencegah penyebaran penyakit DBD. (Foto: ist)--

BATURAJA-OKES.NEWS -Dalam rangka mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD) di Kabupaten OKU, Dinas Kesehatan Kabupaten tersebut telah mengambil tindakan dengan melakukan fogging di sejumlah titik di Kelurahan Sekarjaya, Kecamatan BATURAJA Timur.

 Kegiatan fogging ini dilakukan oleh UPTD Puskesmas Sekarjaya dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk PLT Kepala Puskesmas, Lurah Sekarjaya, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa.

PLT Kepala Puskesmas Sekarjaya, Ansori, menjelaskan bahwa fogging dilakukan sebagai upaya pemutusan penyebaran DBD di masyarakat. 

Tim dari puskesmas telah melakukan survei di sekitar rumah warga yang terkena DBD dan menemukan banyak genangan air. “Tindakan pertama yang dilakukan adalah memberikan abate, dan hari ini (Rabu, 5/7) kemudian dilakukan fogging,” kata Ansori, Rabu (5/7).

BACA JUGA:Waspada Pengguna Ruas Jalan Tol Permai (Pekanbaru-Dumai), Ini Titik Tol yang Sedang Diperbaiki

Ansori juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan tempat penampungan air. 

Kebersihan yang buruk dan banyak genangan air dapat menjadi tempat yang baik bagi nyamuk untuk berkembang biak. 

“Selain fogging, pihak puskesmas juga telah membagikan abate kepada warga dan memberikan stok abate kepada para Ketua RT di Kelurahan Sekarjaya,” imbuh Ansori.

Dikonfirmasi mengenai jumlah warga yang terkena DBD, Ansori menyebutkan bahwa hingga tanggal 3 Juli 2023, terdapat dua warga yang terkena DBD. Keduanya saat ini dirawat di rumah sakit untuk penyembuhan. 

Lurah Sekarjaya, Eldaniati, juga mengkonfirmasi adanya dua warga yang terkena DBD dan telah mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap penyakit ini. 

BACA JUGA:Kepala BKKBN: Perempuan Anemia Berisiko Tinggi Lahirkan Bayi Stunting

“Selain itu, setiap RT juga diminta untuk melakukan pembersihan lingkungan secara gotong royong,” ungkap Lurah Sekarjaya, Eldaniati.

Langkah-langkah ini diambil sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran DBD di Kelurahan Sekarjaya, Kabupaten OKU. (gsm)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: