BMKG Imbau Masyarakat OKU Waspada Bencana Hidromateorologi

BMKG Imbau Masyarakat OKU Waspada Bencana Hidromateorologi

MELUAP: Kondisi sungai Ogan meluap foto diambil berlokasi di Jembatan Ogan 1. Rabu, 5 Juli 2023.-Foto: Dedi/OKES-

BMKG Imbau Masyarakat OKU Waspada Banjir

BATURAJA - OKES.NEWS - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel telah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat akan tetap waspada dan siaga atas faktor fenomena yang bisa menyebabkan bencana alam. 

Hal itu, berdasarkan analisa dinamika atmosfir yang mempengaruhi cuaca di beberapa wilayah Sumatera, Kabupaten OKU dan sekitarnya.

“Maka dari beberapa faktor fenomena alam tersebut kami menghimbau kepada masyarakat OKU untuk selalu tetap waspada dan siapsiaga akan potensi cuaca ekstream,” imbau Kalaksa BPBD OKU Hemni Rusdi, SE melalui Manager Pusdalops BPBD OKU Gunalfi. Kamis, (6/6/2023)

BACA JUGA:Kepala BKKBN: Perempuan Anemia Berisiko Tinggi Lahirkan Bayi Stunting

Potensi cuaca ekstream, sambung Gunalfi, dapat memicu potensi terjadinya bencana hidromateorologi type basah yang terjadi seperti Banjir, tanah longsor, angin puting beliung,badai petir.

Terpantaunya daerah konvergensi yang memanjang di perairan laut samudera hindia mulai dari pesisir laut lampung hingga bengkulu dan selat malaka.

 

Hal itu yang berpengaruh terhadap pembentukan awan penghujan dan kecepatan angin diwilayah Sumsel termasuk juga Kabupaten OKU.

BACA JUGA:Waspada Pengguna Ruas Jalan Tol Permai (Pekanbaru-Dumai), Ini Titik Tol yang Sedang Diperbaiki

BACA JUGA:Jokowi Batal Datang Diganti Wapres K.H. Ma'ruf Amin Berikut Ini Agendanya ke Banyuasin dan Palembang

Bahkan, Intrusi udara kering dari belahan bumi selatan yang melintasi samudera hindia barat sumatera hingga laut arafuru yang dapat mengangkat masa udara menjadi lebih hangat dan lembab diwilayah sumatera bagian selatan dan sekitarnya.

Sementara, Intrusi udara kering dari belahan bumi selatan yang melintasi samudera hindia barat sumatera hingga laut arafuru. 

Sebagaimana diinformasikan dari data BMKG, BNBP dan badan meteorologi dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: