OKU Timur Pasang Target Juara IVA Tingkat Provinsi, Ini Tujuannya Beguna Bagi Masyarakat

OKU Timur Pasang Target Juara IVA Tingkat Provinsi, Ini Tujuannya Beguna Bagi Masyarakat

--

OKU TIMUR- OKES.NEWS, Kabupaten OKU Timur menargetkan juara pada Lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Hal ini diungkapkan Ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur, dr Sheila Noberta SpA MKes saat menghadiri penilaian lomba IVA Test di Kecamatan Buay Madang Timur (BMT), Kamis (3/8).

“Kami berharap BMT bisa menjadi juara 1 dan menjadi yang terbaik. Namun untuk menggapai itu, kami meminta agar semua unsur penilaian harus terpenuhi,” kata dr Sheila Noberta SpA Mkes.

dr Sheila Noberta SpA Mkes menyinggung soal kanker serviks yang menjadi penyebab kematian nomor 2 pada perempuan setelah kanker payudara.

"Untuk menghindari dan mencegah hal itu adalah tugas kita semua selaku TP PKK dengan terus memberikan penyuluhan dan edukasi tentang penyebab dan gejala kanker serviks. Cara untuk menghindari kanker serviks adalah menghindari bergonta-ganti pasangan, berhubungan yang sangat mudah, dan selain itu dengan melakukan IVA Test,” imbuhnya.

dr Sheila Noberta SpA Mkes menambahkan, gerakan harus masif untuk memberikan penyuluhan dan edukasi kepada perempuan-perempuan terutama pada usia subur.

“Harapan saya IVA Test tidak hanya digaungkan pada saat adanya penilaian dan perlombaan, namun harus secara rutin dilakukan terutama jika terdapat indikasi-indikasi yang membahayakan,” tambah dr Sheila Noberta SpA Mkes.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai IVA Tes, Dr Hj Erly Yani MKes dalam sambutannya mengatakan pihaknya telah menetapkan Kecamatan BMT sebagai Juara 1 Tingkat Kabupaten dan masuk dalam nominasi 4 besar Tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

“Ini juga sesuai dengan penilaian profil dan aspek penilai lainnya yang tentu kami lakukan secara objektif,” kata Dr Hj Erly Yani MKes.

Dr Hj Erly Yani MKes menambahkan, pemeriksaan IVA Test ini sebetulnya sangat murah. Hanya dengan menggunakan asam asetat yang dilarutkan.

BACA JUGA:Awas, Penipuan Modus Transfer di OKU, Seorang Pelaku Diamankan

Maka bukan perkara yang susah bagi Puskesmas dan kecamatan untuk mengadakan pemeriksaan IVA test ini.

Kemudian yang perlu juga diantisipasi dan diperiksa adalah tentang CA Cerviks serta gejala kanker payudara. “Saya doakan, Semoga Kecamatan Buay Madang Timur ini bisa jadi pemenangnya,” pungkas Dr Hj Erly Yani MKes.

Di sela sela acara ditampilkan yel-yel IVA Test oleh TP PKK Kecamatan Buay Madang Timur. Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari TP PKK Kecamatan Buay Madang Timur dalam tahap penilaian atau verifikasi Lomba IVA Test.

Dan terakhir dilakukan pemeriksaan secara langsung IVA Test dan Sadani oleh Tim Penilai Provinsi Sumatera Selatan.=

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: