Sah! Alokasi Formasi CPNS dan PPPK Ditetapkan, Dibuka September 2023, Simak Rinciannya

Sah! Alokasi Formasi  CPNS dan PPPK Ditetapkan, Dibuka September 2023, Simak Rinciannya

ilustrasi-ist/jawapos-

CPNS dan PPPK Dibuka September 2023

JAKARTA-OKES.NEWS-  Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), telah menetapkan sebanyak 572.496 formasi aparatur sipil negara (ASN) nasional untuk tahun 2023 (data per 1 Agustus 2023).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 78.862 ASN akan dialokasikan ke 72 instansi pemerintah pusat, sementara pemerintah daerah akan menerima 493.634 ASN.

Alokasi formasi Calon ASN (CASN) untuk pemerintah pusat terinci menjadi 28.903 untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 49.959 untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

BACA JUGA:Main Slot, Oknum ASN di Ciledug Dirujak Netizen

Di sisi lain, pemerintah daerah akan menerima alokasi khusus, yaitu 296.084 PPPK Guru, 154.724 PPPK Tenaga Kesehatan, dan 42.826 PPPK Teknis.

Melansir menpan.go.id, proses seleksi untuk mengisi formasi-formasi ini akan dimulai pada bulan September 2023.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menyampaikan apresiasi kepada instansi-instansi yang telah mengajukan usulan formasi.

Dia menekankan bahwa proses seleksi akan dilakukan secara fair tanpa ada pihak yang mendapat perlakuan khusus.

Tujuan dari pengadaan ASN ini adalah untuk menciptakan kinerja pelayanan publik yang berdampak positif bagi masyarakat, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.

Rapat Koordinasi Pengadaan ASN 2023 dihadiri oleh beberapa pejabat penting. Termasuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, yang mewakili Presiden Joko Widodo.

Lalu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim; serta Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono.

BACA JUGA:Ngebut Pakai CBR 150, Kecelakaan Dua Remaja Ini Meninggal Dunia

Menteri Anas menjelaskan bahwa ada beberapa arah kebijakan dalam rekrutmen ASN untuk tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: