Innalillahi…Azlan Korban Tenggelam di Aliran Irigasi Ditemukan Meninggal Dunia

Innalillahi…Azlan Korban Tenggelam di Aliran Irigasi Ditemukan Meninggal Dunia

EVAKUASI: Warga melakukan evakuasi Muhammad Azlan Azziva (6) yang tenggelam di aliran irigasi BK16 Desa Petanggan, Kecamatan Belitang Mulya, Kabupaten OKU Timur. (Foto: ist)--

Innalillahi…Azlan Ditemukan Meninggal Dunia

MARTAPURA-OKES.NEWS-  Muhammad Azlan Azziva (6), bocah yang menjadi korban tenggelam di aliran irigasi BK16 Desa Petanggan, Kecamatan Belitang Mulya, Kabupaten OKU Timur, Sumsel akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Jasad korban ditemukan cukup jauh dari lokasi dugaan awal tenggelam. Jasad korban ditemukan di aliran sungai Rengas, Desa Taraman Jaya, Kecamatan Sememdawai Suku III, Kabupaten OKU Timur, pada Jumat (11/8), sekitar pukul 06.00 WIB.

Usman, seorang warga setempat yang hendak mengambil tajur pancing di Sungai Rengas, merupakan orang pertama yang menemukan jasad korban. Saat ditemukan, jasad korban mengenakan baju warna oranye dan dalam posisi telungkup.

"Ya, korban hanyut kemarin telah ditemukan di aliran sungai Rengas. Saat ini warga sedang membantu dalam proses evakuasi," kata Kepala Desa Taraman Jaya, Fahrul, Jumat (11/8).

BACA JUGA:Kartu Prakerja Gelombang 59 Ada Insentif Rp 4.2 Juta Dibuka 11-17 Agustus 2023, Udah Daftar?

Fahrul menjelaskan, setelah mendapatkan informasi dari Usman, pukul 6.10 WIB, pihak desa segera menghubungi pihak kepolisian.

"Pagi-pagi tadi, saya menerima telepon dari warga kami, Usman, karena ia melihat ada mayat yang mengapung di tepi Sungai Rengas," ungkap Fahrul.

Setelah menerima informasi tersebut, warga, petugas polisi, dan keluarga korban segera menuju lokasi penemuan jasad korban yang tenggelam.

"Alhamdulillah, saat ini jasad korban telah ditemukan. Saat ini, jenazahnya telah dibawa pulang ke rumah duka untuk segera dimakamkan," lanjut Fahrul.

Kapolres OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH melalui Kapolsek Semendawai Suku III, AKP Lakher Tambunan, juga mengkonfirmasi penemuan jasad M Azlan. "Sudah ditemukan," ujarnya singkat.

BACA JUGA:Kecanduan Banget, Higgs Domino Island, Kominfo: Ada Rp 27 triliun Jumlah perputaran uang di Judi Online

Sebelumnya, dua bocah tenggelam di saluran irigasi Bendungan Komering (BK) 16 di Desa Petanggan, Kecamatan Belitang Mulya, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan, pada Rabu (9/8) sekitar pukul 17.30 WIB.

Korban tersebut adalah Muhammad Azlan Azziva (6) dan Iqmal (4). Keduanya merupakan warga Desa Trimorejo, Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan.

Iqmal sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Rabu (9/8) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kapolres OKU Timur, AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH, yang diwakili oleh Kapolsek Belitang II, AKP Zahirin, membenarkan peristiwa tersebut.

"Ya, kami dan tim turun langsung bersama warga untuk melakukan pencarian," kata Kapolsek Belitang II, AKP Zahirin, Kamis (10/8).

 Dia menjelaskan kronologi kejadian. Pada Rabu (9/8) sekitar pukul 17.00 WIB, kedua korban bermain bersama. 

Namun, menjelang magrib, keduanya belum pulang. Pukul 17.30 WIB, orang tua korban mencari anak-anaknya di sekitar lokasi bermain.

Kemudian pada pukul 18.30 WIB, sendal anak korban ditemukan di tepi saluran irigasi BK. Karena curiga bahwa anaknya mungkin tenggelam di irigasi tersebut, orang tua korban meminta bantuan warga, Polsek Belitang II, dan Polsek SS3.

Setelah menerima laporan, Kapolsek Belitang II, AKP Zahirin, bersama dengan timnya melakukan pencarian di sekitar tempat kejadian dan menemukan sendal anak korban.

"Pukul 20.00 WIB, jenazah Iqmal ditemukan sekitar 1 km dari lokasi awal, dalam keadaan sudah meninggal dunia. Jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka," jelas AKP Zahirin.

Sementara itu, jasad Muhammad Azlan Azziva belum ditemukan saat itu. Tim gabungan dari TNI, Polri, BPBD OKU Timur, Basarnas, dan warga terus melakukan pencarian.

Dari analisis yang dilakukan, korban diperkirakan bermain dekat dengan lokasi kejadian. Kemungkinan, korban mencoba mencuci kakinya di saluran irigasi setelah bermain, tetapi karena pinggir irigasi yang licin, korban terpeleset dan jatuh ke dalam aliran air yang deras, mengakibatkan tenggelam.

BACA JUGA:Gempar, Penemuan Harta Karun Emas Batangan di OKI Bergambar Soekarno

Selama proses pencarian jenazah, cuaca cukup cerah, namun arus sungai yang deras dan debit air yang tinggi, ditambah dengan kondisi air yang keruh, membuat penemuan korban menjadi lebih lambat. (lid)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: