Pemkab OKU Bakal Pasarkan Tenun Songket hingga Mendunia

Pemkab OKU Bakal Pasarkan Tenun Songket hingga Mendunia

Melihat hasil pengrajin tenun songket OKU hanya membuat songket -foto ist-

Pemkab OKU Bakal Pasarkan Tenun Songket hingga Mendunia

BATURAJA-OKES.NEWS-  Kabar baik bagi pengrajin tenun songket Desa Belatung, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU. 

Pasalnya, pemerintah Kabupaten OKU bakal membantu memasarkan tenun songket dari pengrajin Desa Belatung hingga bisa mendunia. 

Salahsatunya lewat event Kriya Nusa di Jakarta. Dimana event tersebut untuk membantu pemasaran bagi industri kerajinan nusantara. Sehingga produk kerajinan Indonesia kian dikenal dunia.

Tentu hal tersebut menjadi kabar baik bagi pengrajin tenun songket. Apalagi selama ini mereka alami kesulitan dalam memasarkan produk.

BACA JUGA:

Bahkan, terkadang pengrajin tenun hanya membuat songket  jika ada pesanan tertentu saja. “Inilah yang menjadi kendala, kita masih sulit menembus pasar,”  kata salahsatu pengrajin tenun songket, Yati.

Ketua TP PKK Kabupaten OKU, Hj Zwesti Karenia Teddy sendiri berjanji akan membina kelompok tenun Desa Belatung. Serta akan membantu memasarkan kain hasil tenunan hingga ke tingkat nasional.

"Nanti kelompok ini akan kita bina di bawah naungan Dekranasda OKU dan nanti hasil tenunnya akan kita bawa ke acara Kriya Nusa yang ada di Jakarta,” tegas Karenia Teddy.

Ketua TP PKK OKU juga akan berupaya mendorong  BUMD dan BUMN yang beroperasi di OKU akan menyisihkan dana dari  CSR  (corporate social responsibility) untuk membantu pengrajin tenun songket agar bisa lebih maju lagi.

BACA JUGA:

 

Melalui langkah-langkah tersebut, warisan budaya seperti tenun songket diharapkan dapat terus berkembang.

Selain itu juga bisa dikenal lebih luas, dan memberikan dampak positif pada ekonomi masyarakat serta pelestarian budaya. (r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: