BPBD OKU: Waspada Karhutla Akibat El Nino

BPBD OKU: Waspada Karhutla Akibat El Nino

KEBAKARAN: Anggota Polres OKU lakukan pemadaman lahan yang terbakar beberapa waktu lalu. (Foto: Polres OKU)--

BPBD OKU: Waspada Karhutla Akibat El Nino

 

BATURAJA – OKES.NEWS,  Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutlah). Terutama yang terkait dengan fenomena El Nino yang dapat menyebabkan suhu permukaan menjadi lebih tinggi.

Hemni Rusdi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, telah mengingatkan bahwa sejak bulan Juli 2023, beberapa titik api telah terdeteksi. "Sudah terjadi empat titik api," kata Hemni..

BACA JUGA:

Titik pertama terjadi di Desa Kurup, Kecamatan Lubuk Batang. Selanjutnya, terdapat kebakaran lahan gambut di Kecamatan Sinar Peninjauan. Selain itu, dua titik hotspot juga terdeteksi di Kecamatan Semidang Aji.

Hemni mengungkapkan bahwa cuaca panas saat ini berpotensi berdampak buruk terhadap pertanian dan tanaman warga jika kemarau berlanjut. Potensi ini lebih terasa jika permukaan air sungai menurun drastis, yang bisa merugikan pertanian warga

Khususnya, pertanian yang bergantung pada air hujan dan tidak memiliki sistem irigasi dapat terancam gagal panen.

Ancaman tidak hanya mengenai lahan persawahan. Tanaman di atas lahan pertanian juga dapat mengalami gagal panen jika tidak mendapatkan penyiraman yang cukup selama musim kemarau. Hal ini berlaku untuk sektor hortikultura dan tanaman lainnya.

BACA JUGA:

Hemni juga mengingatkan bahwa daerah eks transmigrasi rawan mengalami krisis air. Ketergantungan pada pasokan air dari waduk membuat daerah ini perlu menjaga sumber airnya dengan baik. (bis)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: