Stok Pangan Aman hingga Tahun Depan, Masih 17 Ton di Baturaja

Stok Pangan Aman hingga Tahun Depan, Masih 17 Ton di Baturaja

STOK AMAN: Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Selatan, Nidi Firdaus didampingi Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan, M Aidil Fitriyanto. (Foto : Hamdal Hadi/HOS)--

Stok Pangan Aman hingga Tahun Depan, Masih 17 Ton di Baturaja

MUARADUA-OKES.NEWS,  Stok pangan di Kabupaten OKU Selatan tahun ini masih aman. Hingga saat ini, OKU Selatan masih miliki Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) atau stok beras di PT Bulog Baturaja, OKU masih ada 17 ton. 

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan OKU Selatan, Nidi Firdaus SPd SD didampingi Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan M Aidil Fitriyanto SKM Mkes mengatakan mengatakan untuk CPPD OKU Selatan sebelumnya berjumlah 18 ton beras.

Jumlah itu kemudian berkurang 1 ton  beras yang digunakan untuk bantuan korban kebakaran di Kecamatan Banding beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Kode voucher Badai Shopee Hari Ini Sabtu, 19 Agustus 2023

"Sebenarnya, stok ini sudah lama ada, namun karena Perda baru resmi tahun 2020 dan Perbup cadangan pangan keluar 2021, sehingga baru dapat dialokasikan pada tahun ini," kata Nidi Firdaus.

Nidi Firdaus mengatakan CPPD hanya diperuntukkan untuk membackup dari Dinsos dan BPBD jika terjadi bencana alam di Kabupaten OKU Selatan. Seperti, longsor, banjir, kebakaran dan lainnya.

"Dalam penyaluran kami memperhitungkan jumlah korban bencana tersebut. Dan bantuan bencana juga tidak sepenuhnya dari sini semuanya,” lanjutnya.

Nidi Firdaus menjelaskan, sesuai aturan Perbup dan Perda maka korban menerima bantuan dari CPPD ini berjumlah 300 gram/hari dalam satu rumah dengan hitungan selama 30 Hari.

"Yang diberikan bantuan dari CPPD ini dihitung per orang bukan per KK. Jadi dalam 1 rumah dihitung jumlah penghuni rumahnya itu yang diberikan," urai Aidil.

BACA JUGA:Drone Ganggu Upacara Bendera di Baturaja, Pilot Minta Maaf

Selain itu juga lanjutnya, dalam penyaluran ini harus ada surat permintaan atau laporan dari

Kepala Desa jika diwilayahnya ada bencana alam. Sehingga Dinas ada dasar untuk melakukan realisasi bantuan.

"Kalau stok berada di Bulog, boleh dikatakan terbilang aman hingga tahun kedepan. Beras ada dikantor Bulog, untuk perawatan diserahkan ke Bulog," pungkasnya. (Dal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: