Mengunjungi Desa Energi Berdikari di Desa Keliki Ubud Bali, Ada Energi Matahari yang Bisa 'Terangi' 1200 KK

Mengunjungi Desa Energi Berdikari di Desa Keliki Ubud Bali,  Ada Energi Matahari yang Bisa 'Terangi' 1200 KK

DEsa Energi Berdikari Pertamina--

Mengunjungi Desa Energi Berdikari di Desa Keliki Ubud Gianyar Bali,  Ada Energi Matahari yang Bisa 'Terangi' 1200 KK 

OKES.NEWS- BALI - Desa Keliki di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, menjadi percontohan terbaru program Desa Energi Berdikari Pertamina berbasis energi baru terbarukan (EBT). 

Kunjungan Deputy Secretary of Energy Amerika Serikat, David Turk, pada Jumat 25 Agustus 2023 menyoroti upaya ini, menunjukkan komitmen Pertamina dalam transisi energi.

David Turk sangat terkesan dengan penerapan teknologi energi baru terbarukan di Desa Keliki, khususnya dengan penggunaan solar panel untuk pengolahan sampah organik dan pompa air untuk irigasi subak. 

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan & Konservasi Energi, Yudo Dwinanda Priaadi, menyampaikan apresiasi kepada Pertamina atas kontribusinya memandirikan desa dari sisi energi.

BACA JUGA:OKU Bidik Sejumlah Proyek Energi

VP CSR & SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman, menyatakan Desa Energi Berdikari di Desa Keliki memiliki dampak positif bagi perekonomian lokal. 

Perbekel Desa Keliki, I Ketut Wita, menyampaikan terima kasih kepada Pertamina atas bantuannya, terutama dalam penyediaan pompa air dan solar panel untuk tujuh subak di Desa Keliki.


Desa Berdikari Pertamina di Keliki Ubud Gianyar Bali, Ada Energi Matahari yang Bisa 'Terangi' 1200 KK --

BACA JUGA:Buruan Masih Ada Waktu, Dibuka Lowongan Kerja Besar-besaran di PT Pertamina

Dalam rilis tersebut, Vice President Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengungkapkan bahwa program Desa Energi Berdikari Pertamina sudah tersebar di 52 lokasi di seluruh Indonesia, dengan total produksi energi yang signifikan dan pengurangan emisi karbon yang substansial.

Desa Keliki telah dipasang dengan 8 titik solar PV, dengan kapasitas 28 kWp. Waw dengan energi matahari ini dapat digunakan langsung seperti menerangi dan memenuh kebutuhan listrik sebanyak 1.200 KK. 

Ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dan Sustainable Development Goals (SDG’s), serta penerapan Environmental, Social & Governance (ESG).

BACA JUGA:Sumsel Pelopor Pemanfaatan Energi Terbarukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: