Alhamdulillah, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Resmi Dibuka, Perjalanan ke Prabumulih dan OKU Lebih Dekat

Alhamdulillah, Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Resmi Dibuka, Perjalanan ke Prabumulih dan OKU Lebih Dekat

Alhamdulillah, Besok 30 Agustus 2023ruas tol Indralaya-Prabumulih dioperasionalkan. Untuk sementara tarifnya gratis--

Alhamdulillah, Ruas Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Resmi Dibuka, Perjalanan ke Prabumulih dan OKU Lebih Dekat 

OKES.NEWS- Ruas tol yang ditunggu-tunggu oleh warga Sumatera Selatan (Sumel) dan sekitarnya, yakni tol Simpang Indralaya-Prabumulih, resmi dibuka untuk umum hari ini pukul 08.00 WIB 30 Agustus 2023. 

Dengan panjang sekitar 63,5 KM, ruas tol ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh antara Palembang- Indralaya dan Prabumulih yang biasanya 2 jam menjadi hanya 1 jam kurang.

Sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada masyarakat, pengelola tol, Hutama Karya (Persero), memutuskan untuk menggratiskan tarif untuk sementara waktu. 

Selain itu, tol ini juga mempermudah akses menuju Baturaja OKU, dengan adanya exit tol yang strategis berada di antara Prabumulih dan Baturaja.

BACA JUGA:Dibangun Ruas Tol Baru Sepanjang 30,57 KM, Urai Kemacetan Provinsi Sumbar - Sumut

Menurut Tjahjo Purnomo, EVP Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, keputusan pembukaan ini diambil setelah Sertifikat Laik Operasi (SLO) diperoleh pada 07 Juli 2023 dan Keputusan Menteri PUPR Nomor 872/KPTS/M/2023 dikeluarkan.

 "Pengoperasian telah kami coba fungsional saat Mudik Lebaran 2023 dan berhasil dilalui oleh lebih dari 83 ribu kendaraan tanpa insiden," ujar Tjahjo.

Fasilitas ruas tol ini juga tak kalah menarik. Ada dua rest area yang terletak di KM 65 Jalur A & B. 

Meski rus tolnya masih gratis, pengguna tetap diharuskan melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintasi gerbang tol.

Menanggapi antusiasme masyarakat yang tinggi, Hutama Karya berencana menetapkan tarif sekitar 1338/km, namun detail tarif akan diumumkan lebih lanjut setelah keputusan resmi dari Menteri PUPR.

BACA JUGA:Ada Satwa Liar yang Bisa Dinikmati Pengguna Jalan di Ruas Tol Sibanceh, Sigli-Banda Aceh


Inilah tol Simpang Indralaya-Prabumulih. Arah ke kiri ke Indralaya Ogan Ilir, lurus ke Prabumulih- Bengkulu. Foto: Sumeks.co--

Pengguna tol diimbau untuk selalu mematuhi tata tertib dan memastikan saldo kartu uang elektronik (e-toll card) mencukupi sebelum memasuki gerbang tol. Untuk top up atau cek saldo, Hutama Karya menyediakan aplikasi HK Toll Apps.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: