Sosok Inspiratif Guruh Sukarno Putra, Peraih Awardee S2 LPDP Asal Baturaja, Sempat Gagal Tiga Kali

Sosok Inspiratif Guruh Sukarno Putra, Peraih Awardee S2 LPDP Asal Baturaja, Sempat Gagal Tiga Kali

Guruh Sokarno Putra-Dok okes.news-

Sosok Inspiratif Guruh Sukarno Putra, Peraih Awardee S2 LPDP dari Baturaja, Sempat Gagal Tiga Kali

BATURAJA, OKES.NEWS - Guruh Sukarno Putra, seorang pemuda asal Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, berhasil meraih beasiswa LPDP untuk studi S2 di University of Auckland, Selandia Baru. 

Guruh yang saat ini berusia 26 tahun, mengambil jurusan Master of Educational Leadership.

Guruh menceritakan, motivasinya untuk kuliah di luar negeri adalah untuk membanggakan orang tua, mencari pengalaman baru, dan membuktikan bahwa orang dari daerah sekalipun dapat bersaing di tingkat internasional.

"Saya ingin membanggakan orang tua saya yang telah bekerja keras untuk membesarkan saya. Saya juga ingin mencari pengalaman baru dan membuktikan bahwa orang dari daerah sekalipun dapat bersaing di tingkat internasional," kata Guruh.

BACA JUGA:Ayu Puja Lestari, Anak Muda Baturaja yang Bercita-cita jadi Dosen Usai Lulus Beasiswa LPDP

Guruh yang merupakan Putra dari Pasangan Sokarno dan Fatmawati lahir dan besar dari keluarga yang sederhana. Sang Ayah merupakan montir barang elektronik di Desa Terusan, kecamatan Baturaja Timur. 

Guruh mengaku tidak pernah menyangka bisa meraih beasiswa LPDP. Ia telah mencoba tiga kali mengikuti seleksi beasiswa Australia namun gagal. Namun, ia tidak menyerah dan akhirnya berhasil meraih beasiswa LPDP.

"Saya tidak pernah menyangka bisa meraih beasiswa LPDP. Saya telah mencoba tiga kali mengikuti seleksi beasiswa Australia namun gagal. Namun, saya tidak menyerah dan akhirnya berhasil meraih beasiswa LPDP," kata Guruh yang juga merupakan wisudawan alumni lulusan Universitas Sriwijaya fakultas Studi Pendidikan Fisika.

Guruh mengatakan, kunci keberhasilannya meraih beasiswa LPDP adalah dengan belajar bahasa Inggris secara serius. Ia belajar bahasa Inggris selama enam tahun, setiap hari yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

BACA JUGA:Ayu Puja Lestari, Anak Muda Baturaja yang Bercita-cita jadi Dosen Usai Lulus Beasiswa LPDP

"Kunci keberhasilan saya adalah dengan belajar bahasa Inggris secara serius. Saya belajar bahasa Inggris selama enam tahun, setiap hari, dengan mendengarkan radio, latihan berbicara sendiri, dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris," kata Guruh.

Saat ini, Guruh sedang menjalani masa studi S2 di University of Auckland. Ia berharap, setelah lulus, ia bisa kembali ke Indonesia dan menjadi guru yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: