Imbau Inventarisasi Aset Desa kepada Seluruh Kades di OKU Selatan

Imbau Inventarisasi Aset Desa kepada Seluruh Kades di OKU Selatan

Dalam upaya memastikan keberlanjutan aset desa, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) menginstruksikan seluruh Kepala Desa di wilayah Kabupaten tersebut untuk melakukan inventarisasi ulang pen--

Inventarisasi Aset Desa

MUARA DUA - OKES.NEWS,  Dalam upaya memastikan keberlanjutan aset desa, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) menginstruksikan seluruh Kepala Desa di wilayah Kabupaten tersebut untuk melakukan inventarisasi ulang pengelolaan aset desa. 

Instruksi ini disampaikan oleh Kepala Dinas PMPD OKU Selatan, A. Romzi, SE., M.M, melalui Kepala Bidang Penataan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa, Iqbal Surya, S. Kom, pada Sabtu (30/9).

Iqbal Surya, S. Kom, menjelaskan bahwa instruksi ini bertujuan untuk menjaga keteraturan dalam pengelolaan aset desa. 

Seluruh Kepala Desa di OKU Selatan diminta untuk menginventaris ulang semua aset yang ada di desa mereka. Termasuk yang berasal dari bantuan APBD Kabupaten, APBD Provinsi, dan APBN.

BACA JUGA:Memprihatinkan, Titik Panas di OKU Meningkat Drastis

“Inventarisasi ini dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Iqbal Surya.

Pentingnya inventarisasi ini ditekankan karena di wilayah Kabupaten OKU Selatan terdapat banyak Kepala Desa, termasuk yang baru dilantik pada bulan Mei 2023, serta Kepala Desa yang telah lama menjabat. 

Semua Kepala Desa harus bekerja sama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan perangkat desa dalam melakukan inventarisasi.

Hasil dari inventarisasi tersebut akan dicatat dalam buku inventarisasi. Hal ini akan memungkinkan aset-aset desa yang telah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dapat dikelola dengan baik oleh desa dan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat setempat.

“Melalui langkah ini, diharapkan aset-aset desa dapat terjaga dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat desa. Sehingga memberikan manfaat yang lebih besar bagi mereka,” pungkasnya. (dal)

BACA JUGA:Haru Warnai Pamitan Gubernur H Herman Deru kepada ASN, Ini Sosok PJ Gubernur Sumsel asal Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: