Ajukan Permohonan Bantuan Pupuk Atasi Gagal Panen, Beri Bantuan Benih 

Ajukan Permohonan Bantuan Pupuk Atasi Gagal Panen, Beri Bantuan Benih 

Syahtomi SP MM (Foto: HOS)--

Atasi Gagal Panen, Beri Bantuan Benih 

MUARA DUA - OKES.NEWS, Dalam upaya penanggulangan gagal panen, petani di Kabupaten OKU Selatan  menerima bantuan benih padi. 

Kepala Dinas Pertanian OKU Selatan, Syahtomi SP MM, mengungkapkan bahwa Dinas Pertanian telah mengajukan permohonan bantuan benih padi sebanyak 1500 hektar ke Kementerian Pertanian. 

“Meskipun permohonan mencakup 1500 hektar, hanya 1000 benih padi yang diterima dari Kementerian Pertanian, bersama dengan bantuan pupuk sebanyak 10 ton dari PT Pusri,” kata Syahtomi.

Syahtomi menjelaskan bahwa langkah-langkah antisipasi telah diambil sebelumnya untuk menghadapi potensi gagal panen akibat kemarau yang diperkirakan akan terjadi. 

BACA JUGA:PINJOL CERIA Dari BRI, Solusi Tepat Bagi Nasabah yang Butuh Dana Mendesak Hitungan Menit Hingga Rp50 Juta

Mereka telah menerima laporan tentang gagal panen dari sembilan kecamatan dan telah mengajukan permohonan bantuan ke Pemerintah Pusat untuk mengatasi dampak fenomena El Niño saat ini.

Selain itu, upaya percepatan penanaman dan penundaan penanaman telah dipromosikan secara intensif untuk menghadapi kemarau ini. 

Benih padi sebanyak 1.000 hektar telah disalurkan ke berbagai kecamatan, seperti BSA, Banding Agung, Muaradua Kisam, Kisam Tinggi, dan beberapa kecamatan lainnya, melalui kelompok tani dengan alokasi 25 kg per hektar.

Syahtomi juga menyarankan agar petani tidak melakukan penanaman terlalu awal, mengingat kemarau yang diperkirakan akan datang. 

BACA JUGA:Kemenang OKU Selatan Kukuhkan BKM Bentuk Upaya Kembalikan Fungsi Masjid

Dia menekankan pentingnya menanam pada awal September untuk menghindari dampak buruk dari kemarau yang diantisipasi pada bulan Juli, Agustus, dan September. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: