Kenalkan Cagar Budaya OKU di Ekofak Situs Gua Harimau

Kenalkan Cagar Budaya OKU di Ekofak Situs Gua Harimau

POSE: Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKU, Alfarizi (dua kiri) saat hadir pada kegiatan Konservasi Ekofak berupa tulang belulang temuan di Situs Gua Harimau. (Foto: ist)--

Kenalkan Cagar Budaya OKU di Ekofak Situs Gua Harimau 

BATURAJA- OKES.NEWS, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menghadiri pembukaan kegiatan Konservasi Ekofak berupa tulang belulang temuan di Situs Gua Harimau, pada Kamis malam, 12 Oktober 2023 di Hotel Aston Palembang.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program kerja perlindungan cagar budaya Direktorat Perlindungan Kebudayaan bersama Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI Provinsi Sumatera Selatan yang selanjutnya akan dilaksanakan di Situs Gua Harimau, Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan OKU, Alfarizi menyampaikan apresiasinya kepada Direktorat Perlindungan Kebudayaan dan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI Provinsi Sumatera Selatan atas pelaksanaan kegiatan ini. Alfarizi juga berharap agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk melestarikan cagar budaya di Kabupaten OKU. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya cagar budaya," kata Alfarizi.

BACA JUGA:Doa Nabi Musa Agar Mendapatkan Pekerjaan dan Jodoh

Kegiatan Konservasi Ekofak Situs Gua Harimau ini akan dilaksanakan sampai dengan waktu yang telah ditentukan, mulai dari tanggal 13 Oktober 2023. 

Kegiatan ini akan melibatkan tim konservasi dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Wilayah VI Provinsi Sumatera Selatan dan masyarakat setempat.

Untuk diketahui, Situs Gua Harimau merupakan salah satu situs cagar budaya yang ada di Kabupaten OKU. Situs ini ditemukan pada tahun 1997 dan telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) oleh pemerintah. 

Situs ini merupakan salah satu situs prasejarah yang menyimpan banyak peninggalan purbakala, termasuk tulang belulang manusia dan hewan.

BACA JUGA:10 Hektar Lahan di OKU Milik PT Sumbawa Terbakar

Kegiatan Konservasi Ekofak Situs Goa Harimau ini diharapkan dapat membantu dalam menjaga dan melestarikan peninggalan purbakala yang ada di situs ini.(r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: