Harga Bawang Merah Turun, Bawang Putih Stabil

Harga Bawang Merah Turun, Bawang Putih Stabil

TURUN: Harga bawang merah di Pasar Baru, Kota Baturaja alami penurunan sejak beberapa waktu terakhir. (Foto: Dedi/OKES)--

BATURAJA - Sempat naik menjadi Rp25 ribu perkilogramnya, harga bawang merah kembali turun. Saat ini harga bawang merah di Pasar Baru, Kota Baturaja, Kabupaten OKU meenjadi Rp20 ribu perkilogramnya.

Berbeda dengan harga bawang putih yang harganya hingga saat ini masih masih stabil di angka Rp35 ribu perkilogramnya.

Menurut salahsatu pedagang bawang merah, Ika mengatakan turunnya harga bawang merah karena melimpahnya stok barang. 

BACA JUGA:Tutorial Positioning Marksman dari Spade Pro Player Mobile Legends

“Harga bawang merah harganya juga turun dari agennya. Jadi, kami ikut menurunkan harga,” kata Ika. Rabu (25/10/2023).

Menurut Ika, faktor cuaca juga mempengaruhi naik dan turunnya harga bawang merah. Menurutnya, jika musim hujan, harga bawang merah akan mengalami lonjakan.

"Kalau musim hujan harga bawang naik karena musim hujan petani takut bawang lebih cepat busuk sebelum waktu masa panen dan kebanyakan bawang lebih kecil ukurannya karena belum waktu untuk di panen sudah dipanen lebih dulu, ungkap Ika.

BACA JUGA:6 Parfume Brand Lokal Terbaik 2023 dari Santossid

Namun, lanjut Ika, jika  tidak cepat dipanen kemungkinan petani lebih rugi lagi karena bawang bakal busuk sebelum di panen.

"Petani bawang bakal melakukan perawatan dan pemeriksaan lebih saat musim hujan. Karena klau musim panas asupan air petani yang mengatur jadi kelembapan pada bawang terjaga.

Namun klau musim hujan asupan air lebih banyak dan bawang merupakan tanaman yang rentan kalau sering terkena air,” pungkasnya. (Ded)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: