Ini Konsep Polres Khusus Smart Security Senilai Rp155,6 Miliar di IKN yang Segera Dibangun

Ini Konsep Polres Khusus Smart Security Senilai Rp155,6 Miliar di IKN yang Segera Dibangun

Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menyatakan bahwa selain Polres, Polri juga akan membangun hunian untuk personelnya. --

Ini Konsep Polres Khusus Smart Security Senilai Rp155,6 Miliar di IKN yang Segera Dibangun Okes.news- Polisi Republik Indonesia (Polri) sedang mengerjakan proyek prestisius untuk membangun Polres Khusus di Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan konsep "smart security".

Proyek ini mencakup berbagai aspek canggih seperti layanan tanggap darurat, sistem pengamanan kota modern, dan layanan kepolisian digital, dengan keterlibatan aktif dari komunitas dan masyarakat setempat.

Polres Khusus IKN ini akan dibangun di area seluas 1.568 meter persegi, yang merupakan bagian dari alokasi tanah seluas 12 hektare untuk Polri.

Gedung yang direncanakan akan memiliki empat lantai dengan luas total 6.189 meter persegi.

Anggaran untuk pembangunan ini adalah Rp 155,6 miliar, dan diestimasikan membutuhkan waktu 8-9 bulan untuk penyelesaiannya.

Menurut Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Polres Khusus IKN akan melayani enam kecamatan di area IKN, termasuk KIPP, Sipaku, Loa Kulu, Loa Janan, Muara Jawa, dan Samboja.

Jenderal Sigit juga menyatakan bahwa selain Polres, Polri juga akan membangun hunian untuk personelnya.

BACA JUGA:Waduh, BMKG Sebut Wilayah IKN Rawan Gempa

Saat ini, Kementerian PUPR sedang membangun empat tower hunian Polri, masing-masing dengan 12 lantai dan total 1.680 unit.

Lebih lanjut, Jenderal Sigit mengatakan bahwa Mabes Polri akan segera dibangun oleh KemenPuPR sesuai desain yang diajukan, dengan pembangunan dilakukan secara bertahap.

Pada tahun 2024, rencananya akan dibangun dua blok dari total tiga blok.

Sebagai bagian dari sistem smart security, akan dibangun juga sebuah command center di Polres Khusus Kawasan IKN.

BACA JUGA:11.274 ASN dan 5.716 TNI/Polri Pindah Tugas ke IKN

Harapan dari pengimplementasian konsep smart security ini adalah untuk meningkatkan keamanan di IKN.

Selain itu juga memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat dan investor, serta mendukung percepatan pembangunan dan investasi di Ibu Kota Nusantara.

Komitmennya adalah untuk mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki guna mengawal kebijakan dan agenda pemerintah, khususnya dalam pembangunan IKN.

Kapolri berharap bahwa proses pembangunan ini bisa berjalan lancar dan tepat waktu.(*)

BACA JUGA:2024, PNS Sebanyak 16.990 ASN Dipindahkan ke IKN

BACA JUGA:Ke IKN, Gubernur Bawa Tanah-Air dari Bukit Siguntang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: