Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di OKU Jadi Perhatian Serius Pemkab

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di OKU Jadi Perhatian Serius Pemkab

Nyamuk dbd --

BATURAJA, OKES.NEWS - Peningkatan kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten OKU, Sumatera Selatan, harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat, jumlah pasien DBD di wilayah itu selama periode Desember 2023 meningkat drastis mencapai 25 kasus, dimana satu diantaranya meninggal dunia.

Kepala Dinkes OKU, Deddy Wijaya, mengatakan bahwa peningkatan kasus DBD tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pergantian musim.

BACA JUGA:Upaya Menekan Kasus DBD di OKU, Pemerintah Lakukan Langkah Pencegahan

Pergantian musim yang terjadi saat ini menyebabkan beberapa kawasan di OKU menjadi rawan DBD.

Faktor lain yang turut berkontribusi terhadap peningkatan kasus DBD adalah tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten OKU dalam sebulan terakhir.

Curah hujan yang tinggi menyebabkan banyaknya genangan air, yang kemudian menjadi tempat perindukan nyamuk Aedes aegypti, vektor penyebab DBD.

Menanggapi hal tersebut, Dinkes OKU telah melakukan sejumlah upaya untuk menekan angka penyebaran kasus DBD.

BACA JUGA:Memasuki Musim Penghujan, TPU Disemprot

Salah satunya adalah dengan membagikan bubuk abate secara gratis kepada warga di seluruh wilayah OKU.

Selain itu, Dinkes OKU juga mengimbau kepada seluruh warga agar menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan menerapkan pola 3M, yaitu mengubur, menguras, dan menutup tempat penampungan air.

Deddy Wijaya optimis jika upaya-upaya tersebut diterapkan, maka angka penyebaran kasus DBD di OKU bisa ditekan seminimal mungkin.

DIa juga yakin bahwa kesadaran warga OKU untuk menjaga kebersihan sudah tinggi, sehingga upaya-upaya tersebut akan membuahkan hasil yang maksimal.(r15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: