Polres OKU Sita Knalpot Brong Lebihi Batas Maksimal Kebisingan (dB)

Polres OKU Sita Knalpot Brong Lebihi Batas Maksimal Kebisingan (dB)

UKUR dB: Pihak kepolisian resor OKU mengukur kebisingan knalpot mengacu pada ketetapan dari Kementerian Lingkungan Hidup di halaman Polres OKU disaksikan Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni dan Kasat Lantas AKP Dwi Karti Astuti di Polres. Senin, 15/01/2023-foto: Eris Munandar/ okes.news-

Polres OKU Sita Knalpot Brong Lebihi Batas Maksimal Kebisingan (dB)

BATURAJA - OKES.NEWS,  Jajaran Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU) berhasil menangkap satu box mobil berisi knalpot brong (racing) yang melintas di wilayah hukum Polres OKU.

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni didampingi Kasat Lantas Polres OKU AKP Dwi Karti Astuti SH Senin (15/1/2024) menjelaskan mobil pembawa knalpot brong ini ditangkap di Jalan Jenderal A Yani Kota Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu.


Jajaran Satlantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU) berhasil menangkap satu box mobil berisi knalpot brong (racing) yang melintas di wilayah hukum Polres OKU.-foto: Eris Munandar/ okes.news-

Saat itu tersangka akan melakukan transaksi di salah satu toko spare part yang terletak di jalan A yani, kecamatan baturaja Timur.

"Dari hasil pemeriksaan, knalpot brong ini akan dijual kepada konsumen di wilayah Baturaja dan sekitarnya," kata Kapolres.

BACA JUGA:Tingkatkan Keamanan, Ini yang Dilakukan Jajaran Polsek Buay Sandang Aji

Tersangka yang berhasil diamankan berinisial MH (25) dan FR ((40) yang bertugas sebagai sopir kendaraan minibus sempat diamankan di Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan knalpot brong karena dapat mengganggu ketertiban umum dan membahayakan keselamatan pengendara lain.

"Knalpot brong dapat menimbulkan kebisingan dan suara bising tersebut dapat mengganggu kenyamanan masyarakat," kata Kapolres.

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Nomor 56 Tahun 2019 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe Baru dan Kendaraan yang sedang diproduksi.

Tertulis motor berkubikasi kurang dari 80 cc maksimal bisingnya 77 dB dan kubikasi 80 cc – 175 cc maksimal 80 dB.

Selain itu, knalpot brong juga dapat menggangu kenyamanan pengendara lain atau masyarakat, lantaran menimbulkan kebisingan dari suara.

BACA JUGA:MIRIS ! Pelajar Di OKU Timur Ditangkap Polisi Saat Main PlayStation, Ini Kasusnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: