Sektor Pariwisata Kota Palembang Sumbang PAD Rp345 Miliar, Kriminalitas Masih Mengancam?

Sektor Pariwisata Kota Palembang Sumbang PAD Rp345 Miliar, Kriminalitas Masih Mengancam?

ilustrasi pariwisata palembang-grafis : sumatera ekspres.id-

Sektor Pariwisata Kota Palembang Sumbang PAD Rp345 Miliar, Kriminalitas Masih Mengancam?

SUMSEL - OKES.NEWS , Pariwisata Kota Palembang pada tahun 2023 mampu menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp345 miliar. Angka ini mencapai sekitar 25-30% dari total PAD Kota Palembang.

Sektor pariwisata menyumbang PAD dari berbagai sumber, seperti hotel, penginapan, hiburan, dan sarana prasarana lainnya.

Kota Palembang memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik, seperti BKB, Sekanak Lambidaro, Sabo Kingking, Kampung Al Munawar, dan lain-lain. Total ada 76 destinasi wisata di Kota Palembang.

Selain itu, Kota Palembang juga memiliki bandar udara internasional, hotel bintang 5, dan hotel bintang 4. Jumlah kamar hotel di Kota Palembang mencapai sekitar 8.005 kamar.

BACA JUGA:Graha Akmil Diresmikan, Menuju Indonesia Emas 2045

Ketua DPRD Sumsel, Dr Hj RA Anita Noeringhati SH MH, mengatakan bahwa Provinsi Sumsel telah masuk agenda pariwisata nasional. Oleh karena itu, perlu ada upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Palembang.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan keamanan di destinasi wisata. Anita juga menyarankan untuk mengadakan event budaya Nusantara di BKB setiap bulan sekali.

Namun sayang, belakangan keamanan menjadi persoalan. Tak hanya BKB yang rawan kriminal, tetapi Ampera bahkan Mesjid Agung sebagai sarana ibadah juga rawan kriminalitas.

Beberapa kali kasus pemalakan dan sebagainya pun viral. “Saya berkoordinasi dengan Polrestabes agar terus patroli supaya destinasi wisata kita aman dari kriminalitas,” kata dia. 

BACA JUGA:Pebalap Liar di OKU Sering Kucing-Kucingan dengan Petugas, Ini yang Dilakukan

Anita menyarankan supaya diadakan event budaya Nusantara di BKB 1 bulan sekali. “Palembang ini kan heterogen, ada Jawa dan beberapa paguyuban.
Bisa menampilkan tarian kuda kepang, dulmuluk, batang hari sembilan, dan sebagainya. Kita harap budaya dapat menambah destinasi wisata,” kata dia. *(SEG_)

Rekomendasi yang dapat disampaikan untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kota Palembang:

Meningkatkan keamanan di destinasi wisata, terutama di BKB, Ampera, dan Masjid Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: