Tahukah Anda, Ternyata Orang Tua Pinguin Hanya Tidur Beberapa Detik Saat Mengawasi Anaknya

Tahukah Anda, Ternyata Orang Tua Pinguin Hanya Tidur Beberapa Detik Saat Mengawasi Anaknya

Pinguin adalah hewan semi-akuatik jenis burung yang tidak bisa terbang dan secara umum hidup di belahan Bumi selatan.--

Seperti banyak jenis penguin lainnya, pasangan yang sudah kawin berbagi tugas sebagai orangtua. 

Salah satu orangtua merawat telur dan anak-anak sendirian, sementara yang lain pergi mencari ikan untuk memberi makan keluarga.

Meskipun para penguin dewasa tidak menghadapi banyak predator alami selama musim berkembang biak, burung skuas memburu telur dan anak-anak yang masih berbulu kecil. 

Orang dewasa lainnya juga mungkin mencoba mencuri kerikil dari sarang satu sama lain. Jadi, para orangtua harus selalu waspada.

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan dapat melacak perilaku tidur penguin Chinstrap di koloni berkembang biak di Antartika dengan melekatkan sensor yang mengukur gelombang otak. 

BACA JUGA:Demodex pada Hewan Kesayangan

Mereka mengumpulkan data tentang 14 ekor penguin dewasa selama 11 hari di Pulau King George di lepas pantai Antartika.

Ide untuk penelitian ini muncul ketika Won Young Lee, seorang ahli biologi di Korean Polar Research Institute, melihat penguin berkembang biak seringkali mengedipkan mata dan tampaknya tertidur selama pengamatan lapangannya yang panjang. 

Namun, tim ini perlu merekam gelombang otak untuk memastikan bahwa mereka benar sedang tidur. "Bagi penguin-penguin ini, tidur mikro memiliki beberapa fungsi restoratif  jika tidak, mereka tidak akan dapat bertahan," katanya.

Para peneliti tidak mengumpulkan data tidur di luar musim berkembang biak, tetapi mereka berhipotesis bahwa penguin mungkin tidur dalam interval yang lebih panjang pada waktu lain ketika tidak harus mengawasi anak-anak mereka.

Pinguin adalah hewan semi-akuatik jenis burung yang tidak bisa terbang dan secara umum hidup di belahan Bumi selatan.

Diketahui, diseluruh dunia terdapat 16 spesies penguin tergantung pada apakah dua spesies Eudyptula dihitung juga sebagai spesies.

Walaupun seluruh jenis penguin awalnya berasal dari belahan bumi selatan, namun penguin tidak hanya ditemukan di daerah dingin atau di Antartika saja.

Ada 3 jenis spesies penguin yang hidup di daerah tropis. Salah satu spesies hidup di Kepulauan Galapagos (Penguin Galapagos) dan biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: