27 Rumah Terdampak Banjir, BPBD OKU Ambil Langkah Darurat

27 Rumah Terdampak Banjir, BPBD OKU Ambil Langkah Darurat

Akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten OKU membuat beberapa daerah di Kecamatan Baturaja Timur alami kebanjiran. (Foto: BPBD OKU)--

27 Rumah Terdampak Banjir, BPBD OKU Ambil Langkah Darurat

BATURAJA - Hujan deras yang melanda Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU pada Kamis malam, 8 Februari 2024 menyebabkan meluapnya anak sungai Bukit Balau di Kelurahan Baturaja Permai. 

Banjir ini juga menyebabkan tersumbatnya drainase di Kelurahan Sukaraya (Taman Sari) dan mengakibatkan 12 rumah serta permukiman warga terendam air.

BACA JUGA:Kakak Dina Ungkap Kejanggalan Kematian Adik Bungsunya itu, Sempat Didatangi Teman Pria Sehari Sebelum Terbunuh

"Rumah yang terdampak atau terendam setidaknya ada 27 unit. Di mana 12 diantaranya terendam banjir," ungkap Gunalfi, perwakilan Pusdalops BPBD OKU,Jumat, 9 Februari 2024.

Menanggapi situasi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU telah mengambil langkah darurat. 

BACA JUGA:Terkuak, Inilah Identitas Pelaku Begal yang Manghabisi Mahasiswi Unsri di Tanjung Senai Ogan Ilir

Bersama Satgas Bantuan Banjir dan Longsor (Bansor) Kabupaten OKU, personil dan peralatan dikerahkan ke lokasi banjir untuk persiapan evakuasi jika diperlukan.

"BPBD OKU akan selalu memantau perkembangan dan memberikan informasi lanjutan terkait ancaman bencana banjir. Ini merupakan langkah darurat  mengingat musim penghujan masih terpantau berlangsung,," ungkap Gunalfi.

BPBD OKU dan Satgas Bansor melakukan tinjauan langsung di dua titik wilayah terdampak. Hasil kajian cepat akan disampaikan ke Gubernur Sumsel, BPBD Provinsi Sumsel, dan BNPB Pusat.

"Pendataan terhadap masyarakat yang terdampak dan patroli di wilayah yang sering terkena banjir sudah dilakukan oleh BPBD bersama instansi terkait," tandas Gunalfi.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Sumatera Selatan 9 Februari 2024, waspada Ada Hujan Ringan Sedang Sampai Petir

Sementara di Kelurahan Baturaja Permai, debit air sudah turun, sementara di Kelurahan Sukaraya (Taman Sari 1) masih ada genangan, dan proses penyedotan sedang dilakukan.(r15)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: