Apa itu Narasi? - Definisi, Struktur, dan Jenisnya

Apa itu Narasi? - Definisi, Struktur, dan Jenisnya

apa itu narasi-foto ist-

OKES.NEWS - Sebagian dari kita, tentu sudah tidak asing lagi dengan kata narasi. Ya, kata ini sudah sering kali didengar bahkan mempelajarinya. Kendati demikian, belum banyak juga yang mengetahuinya, apa itu narasi?

Narasi diartikan sebagai salah satu jenis teks yang menceritakan suatu kejadian sesuai dengan urutan waktu atau kronologisnya.

Dengan kata lain, teks ini berupa cerita yang runtut dari suatu kejadian.

Jenis teks ini sering kali ditemukan di beberapa tulisan, mulai dari cerpen, novel, naskah drama, hingga karya ilmiah.

Lebih lanjut, untuk memahami apa itu narasi, kamu bisa membaca artikel di bawah ini hingga selesai, ya!

Apa itu Narasi?


--

Meskipun sudah sering didengar, masih belum banyak yang paham, apa itu narasi? Narasi adalah jenis teks yang menceritakan peristiwa secara berurutan. Teks ini bisa berupa fiksi atau imajinasi dan non fiksi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), narasi adalah jenis cerita dari suatu kejadian atau peristiwa.

Tujuan pembuatan teks narasi adalah untuk menyampaikan informasi, memberikan pengetahuan, hingga sebagai hiburan bagi pembaca. Bahkan, teks ini juga bertujuan untuk membagikan pengalaman dari penulis kepada pembaca.

Cerita narasi ini dihasilkan dari bentuk kreativitas, seni, dan hiburan dari manusia. Di mana, orang yang menceritakan peristiwa tersebut disebut narator. Teks narasi bisa berupa berita, dongeng, film, maupun esai. 

Struktur Teks Narasi


-Freepik.com-

Untuk menulis cerita narasi, sebenarnya tidak bisa sembarangan. Hal ini karena terdapat struktur teks narasi yang dibagi menjadi empat bagian, yakni orientasi, komplikasi, resolusi, dan coda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: