Buka Pasar Bedug Baturaja, Jual Makanan Tradisional hingga Menu Berbuka Puasa

Buka Pasar Bedug Baturaja, Jual Makanan Tradisional hingga Menu Berbuka Puasa

Sekda OKU, Darmawan Irianto meninjau para pedagang setelah membuka Pasar Bedug di kawasan Taman Kota Baturaja, Selasa, 12 Maret 2024. (Foto: Gus Munir/OKES)--

BATURAJA - Guna memudahkan masyarakat mendapatkan menu untuk berbuka puasa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU) melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar Pasar Bedug.

Pelbagai makanan dan takjil dijajakan di Pasar Bedug. Mulai dari makanan tradissional hingga menu lainnya yang biasa disajikan untuk berbuka puasa.

“Kegiatan Pasar Bedug ini rutin kami lakukan setiap tahun. Saat bulan Ramadhan. Tahun ini, kami melibatkan pelaku UKM dengan menyajikan pelbagai menu. Terutama makanan tradisional,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) OKU, Darmawan Irianto  saat membuka Pasar Bedug, Selasa, 12 Maret 2023.

BACA JUGA:Bisa Berdampak Negatif Bagi Kesehatan, Hindari 5 Makanan Ini Saat Berbuka atau Sahur

Pasar Bedug yang dilaksanakan di kawasan Taman Kota Baturaja tersebut diadakan selama bulan Ramadhan.

“Tujuannya untuk memperdayakan para pelaku UKM yang ada di OKU. Diharapkan, ini bisa menambah pemasukan bagi para UKM selama Ramadhan,” sambungnya.

Darmawan menambahkan, agar makanan yang dijual di Pasar Bedug sehat, nantinya akan dilakukan pemeriksaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

BACA JUGA:Resep Masakan Anti Ribet Cocok di Bulan Puasa, Ayam Goreng Bacem, Cobain Yuk

“Nanti akan ada pemeriksaan. Kerjasama dari Dinkes dengan BPOM. Tujuannya, agar makanan yang dijual di Pasar Bedug ini benar-benar terjaga dan terjamin,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi & UKM OKU, Tomy SH MSi menambahkan, pada event Pasar Bedug tersebut pihaknya melibatkan 200 pelaku UKM yang ada di Kabupaten OKU.

“Kami telah menyiapkan 400 tenda. Dan ini gratis. Bagi para pelaku UKM tidak dipungut biaya,” ungkap Kepala Dinas Koperasi & UKM OKU, Tomy SH MSi.

Tomy menambahkan, dengan adanya Pasar bedug ini diharapkan para pelaku UKM yang ada di OKU bisa bertambah penghasilannya selama Ramadhan.

“Selain mempermudah masyarakat OKU untuk bisa mendapatkan makanan untuk berbuka, juga bisa membantu para pelaku UKM mendapat penghasilan selama Ramadhan,” pungkas Tomy. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: