Tiga Truk Pengangkut 88,2 ton Batubara Ilegal Digagalkan di OKU

Tiga Truk Pengangkut 88,2 ton  Batubara Ilegal Digagalkan di OKU

Jajaran Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel dipimpin Kasubdit, AKBP Bagus Suryo Wibowo,SIK,MH berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak 88,2 ton batubara ilegal.-foto ist-

“Sopir atas nama SP yang ternyata juga membawa surat jalan ‘MANTAP 88 Logistics Express’. Memuat batubara dari stockpile pulau panggung Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim dan akan dibawa ke Stockpile yang berada di Cilegon Banten atas suruhan LN dengan upah uang jalan Rp 6 juta per ritase,” imbuhnya.

Bagus mengaku saat melakukan penyelidikan banyak ditemukan kendaraan yang mengangkut batubara yang dilengkapi dengan surat jalan resmi dengan barcode, timbangan dan asal barang yang berasal dari pemegang IUP.

BACA JUGA:Speksifikasi Monitor gaming LG UltraGear QHD 32 inci Pilihan Tepat untuk Gamers

“Keseluruhan barang bukti kendaraan dan batubara kami titipkan disebuah pabrik di Baturaja, sedang ketiga pelaku kita gelandang ke mapolda untuk proses hukum, dua kita nyatakan DPO,” tegasnya.

Para pelaku dikenakan pasal 161 UU No 3 tahun 2020 tentang perubahan UU No 4 tahun 1999 tentang mineral dan batubara (minerba) dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan denda paling banyak Rp 100 milyar,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di sumateraekspres.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: