Masih Terasa Nikmat Makan Hidangan Saat Lebaran Bagi Para Penderita Diabetes

Masih Terasa Nikmat Makan Hidangan Saat Lebaran Bagi Para Penderita Diabetes

--

OKES.NEWS - Pada hari raya Idul Fitri, godaan untuk menikmati hidangan seperti rendang dan opor ayam dapat meningkatkan kadar kalori dalam tubuh, terutama bagi para diabetesi. 

Dr. Syahidatul Wafa, SpPD, seorang spesialis penyakit dalam dari RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, menekankan pentingnya memperhatikan kebutuhan kalori tubuh saat mengonsumsi makanan Lebaran.

Wafa menjelaskan bahwa tubuh individu yang tidak menderita diabetes memiliki mekanisme untuk mengontrol asupan kalori dengan memproduksi insulin. 

BACA JUGA:Resmi Meluncur Vivo Pad 3! Bawa Fitur Spesifikasi Tinggi dengan Baterai Super Jumbo

BACA JUGA:Desain Mirip, Ini Beda Vivo Y100 Reguler dengan Y100 5G

Namun, pada diabetesi, tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Untuk mengatasi tantangan ini, Wafa menyarankan diabetesi untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menyesuaikan dosis obat atau insulin mereka. 

Meningkatkan dosis obat atau insulin dapat membantu mengendalikan kadar gula darah yang tinggi akibat konsumsi makanan Lebaran yang berlebihan.

BACA JUGA:Ini Kelebihan Samsung Galaxy A55 Dibanding Samsung Galaxy S24 Mulai Kamera Hingga Chipset Premium

BACA JUGA:Terbaru Diluncurkan Legalisasi Daftar Pinjol Berlisensi Resmi Izin OJK 2024

Meskipun demikian, Wafa juga menganjurkan untuk sebisa mungkin mengendalikan asupan makanan saat Lebaran, karena peningkatan signifikan kadar gula darah dapat berbahaya bagi kesehatan diabetesi. 

Setiap pasien memiliki kebutuhan yang berbeda, oleh karena itu, konsultasi dengan dokter sangat penting untuk menyesuaikan dosis obat sesuai dengan kebutuhan tubuh dan kontrol gula darah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: