Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Islam untuk Membentuk Karakter Anak dengan Nilai-Nilai Keislaman

Pentingnya Peran Orang Tua dalam Pendidikan Islam untuk Membentuk Karakter Anak dengan Nilai-Nilai Keislaman

--Image by freepik

BACA JUGA:Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Berikut 5 Hal yang Wajib Ditanamkan Pada Anak Usia Dini di Sekolah

Anak-anak membutuhkan bimbingan yang konstan pada awal pertumbuhan mereka. Mewujudkan anak yang berkualitas adalah tanggung jawab orang tua yang harus dipertanggungjawabkan di akhirat.

Pendidikan anak dalam Islam harus dilakukan dengan serius. Berdasarkan Al-Qur'an dan Hadis Nabi, pembinaan anak dapat dilakukan dengan mendorong mereka membaca Al-Qur'an, menghafal hadits, menghargai ciptaan Allah, melaksanakan shalat, bersikap sabar, mencintai Allah dan Rasulullah, serta menghindari sifat tercela.

Beberapa prinsip dasar mendidik anak sesuai ajaran Islam meliputi memelihara hubungan harmonis antar anggota keluarga, menciptakan kondisi yang melatih kecakapan anak, melibatkan anak dalam diskusi dan dialog, menanamkan keimanan kuat, mengajak ke tempat-tempat yang memperkuat iman, membantu menerapkan nilai-nilai karakter Islam, dan memperhatikan teman bermain, tontonan televisi, serta lingkungan sekolah.

Dalam Islam, orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik anak-anak mereka. Pendidikan Islam tidak hanya fokus pada aspek akademis tetapi juga pada pembentukan akhlak dan kepribadian yang baik. 

BACA JUGA:Begini Pernyataan Presiden Jokowi Saat Buka Muktamar XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Palembang

Dengan menanamkan nilai-nilai Islami sejak dini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah, berbakti kepada orang tua, agama, bangsa, dan negara. Tantangan zaman modern harus dihadapi dengan tetap mempertahankan nilai-nilai Islami dalam kehidupan keluarga. (gus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: