Sukses, RS Adam Malik dan KSRelief Arab Saudi Lakukan Operasi Bedah Jantung pada 25 Anak

Sukses,  RS Adam Malik dan KSRelief Arab Saudi Lakukan Operasi Bedah Jantung pada 25 Anak

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ir. Budi Gunadi Sadikin SSi CHFC CLU, dan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H. Amodi,--


Menkes Ir Budi Gunadi Sadikin SSi CHFC CLU dan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H Amodi dan Pj Gubernur Sumut Dr Agus Fatoni berharap RS ADAM Malik jadi pioner operasi bedah jantung anak di Pulau Sumatera--

Tim tersebut terdiri dari dokter konsultan bedah jantung, konsultan jantung anak, konsultan anak intensif, konsultan anestesi jantung, perfusionis, terapis, perawat ahli, hingga teknisi medis. 

Selain transfer teknologi untuk peningkatan kompetensi SDM di RS Adam Malik, KSRelief juga membawa bantuan bahan-bahan medis untuk pelaksanaan operasi.

Salah satu keluarga pasien, Binsar Oktoriski Simanjuntak (13 tahun) asal Pematang Siantar, Sumatera Utara, menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim dokter dan nakes dari Arab Saudi serta RS Adam Malik.

Ibu Binsar, Romindo Maini Marpaung, menceritakan bahwa anaknya diketahui mengalami jantung bocor sejak berusia delapan tahun, namun tidak memiliki biaya untuk membawa anaknya menjalani operasi di Jakarta. 

"Selama lima tahun ini saya membawa Binsar berobat jalan, saya sudah bawa ke beberapa RS. Memang kami disuruh untuk operasi ke Jakarta, tapi saya gak punya biaya. Tiba-tiba dapat telpon (dari RS Adam Malik), Binsar jadwal pertama untuk operasi. Terima kasih Tuhan, saya senang. Terima kasih kepada tim Arab Saudi dan RS Adam Malik, anak saya bisa dioperasi. Saya berharap, anak saya bisa cepat sembuh dan beraktivitas kembali seperti biasanya," ungkapnya.

BACA JUGA:Senam Jantung Sehat Remaja Agar Siswa OKU Sehat

BACA JUGA:PJ Bupati OKU Kenalkan Destinasi Wisata, Gelar Jalan Sehat hingga Senam Jantung

Program ini sebelumnya sudah berlangsung pada periode pertama dengan 10 pasien bedah jantung dewasa dan 31 pasien non-bedah pada 21-26 Mei 2024.

Program ini akan dilanjutkan dengan periode ketiga, juga pasien dewasa, pada akhir Juli 2024.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ir. Budi Gunadi Sadikin SSi CHFC CLU, dan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H. Amodi, sempat meninjau langsung program periode kedua ini kemarin.

Kerjasama antara RS Adam Malik dan KSRelief ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tenaga medis lokal dalam menangani kasus-kasus bedah jantung anak, sehingga lebih banyak pasien dapat ditangani di Medan tanpa perlu dirujuk ke Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: