Sukses, RS Adam Malik dan KSRelief Arab Saudi Lakukan Operasi Bedah Jantung pada 25 Anak

Sukses,  RS Adam Malik dan KSRelief Arab Saudi Lakukan Operasi Bedah Jantung pada 25 Anak

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ir. Budi Gunadi Sadikin SSi CHFC CLU, dan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H. Amodi,--

Sukses,  RS Adam Malik dan KSRelief Arab Saudi Lakukan Operasi Bedah Jantung pada 25 Anak

MEDAN- OKES.NEWS- Ini kabar menggemberikan. Tim Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RS Adam Malik) bersama tim dokter King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSRelief) dari Arab Saudi berhasil melakukan operasi bedah jantung pada 25 pasien anak dalam sepekan terakhir. 

Periode kedua program alih teknologi operasi bedah jantung ini berlangsung di Pusat Jantung Terpadu RS Adam Malik sejak 25 Juni 2024 sampai 30 Juni 2024.

Direktur Utama RS Adam Malik, dr. Zainal Safri MKed(PD) SpPD-KKV SpJP(K), mengungkapkan bahwa kerja sama ini memberikan banyak pengalaman baru bagi tim dokter RS Adam Malik. 

Sebelumnya sebagian besar kasus bedah jantung pediatri pada pasien anak dari Medan dikirim ke Jakarta, terutama kasus-kasus yang sulit.

BACA JUGA:Penderita DBD di OKU Meningkat, Setidaknya 162 Pasien Dirawat di Rumah Sakit

BACA JUGA:RSUD OKU Timur Bakal Sediakan Layanan Penyakit Jantung

''Namun, dengan adanya program transfer knowledge dari Arab Saudi ini, ke depannya RS Adam Malik akan bisa menanganinya sendiri," ujar dr. Zainal.

Sebanyak enam anak dari 31 pasien yang dijadwalkan akan ditangani sendiri oleh tim RS Adam Malik. Saat ini, RS Adam Malik sudah memiliki satu dokter bedah jantung anak (BTKV pediatri) bersama dengan empat dokter BTKV lainnya.

 Harapannya, kita akan semakin mandiri dalam penanganan kasus bedah jantung pediatri.

''Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih kepada Raja Salman yang telah mengirim tim KSRelief dari Arab Saudi langsung ke Medan," tambah dr. Zainal.

Pada periode kedua ini, KSRelief mengirim sebanyak 27 tenaga kesehatan (nakes) untuk menangani kasus jantung anak bawaan berat di Medan.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Operasi Pemasangan Ring pada Jantung Cilla Berhasil

BACA JUGA:Gigi Berlubang Ternyata Pengaruhi Kesehatan Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: