Kupas Tuntas Xiaomi SU7 Ultra Mobil Listrik Supercar yang Kejutkan Dunia Otomotif

Kupas Tuntas Xiaomi SU7 Ultra Mobil Listrik Supercar yang Kejutkan Dunia Otomotif

--SU7 Ultra

OKES.NEWS - Dunia otomotif kembali dikejutkan oleh langkah berani Xiaomi, perusahaan teknologi asal Tiongkok yang selama ini dikenal dengan produk elektronik. 

Setelah sukses besar dengan peluncuran mobil listrik SU7, Xiaomi kini akan merencanakan peluncuran varian performa tinggi, SU7 Ultra, yang dijadwalkan hadir di jalanan pada paruh pertama tahun 2025.

SU7 Ultra bukanlah sekadar mobil listrik biasa. Prototipe ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari SU7 Max, dengan fokus utama pada performa luar biasa baik di lintasan balap maupun di jalan raya. 

Xiaomi tampaknya bertekad untuk membuktikan bahwa mereka bukan hanya mampu membuat smartphone dan peralatan rumah tangga pintar, tetapi juga mobil listrik yang dapat bersaing dengan pabrikan otomotif ternama.

Jantung pacu SU7 Ultra adalah motor listrik HyperEngine V8s, inovasi terbaru dari Xiaomi. 

Motor ini mampu berputar hingga 27.200 rpm, menghasilkan tenaga sebesar 578 hp dengan torsi puncak mencapai 635 Nm. 

Namun, yang lebih mencengangkan adalah konfigurasi tiga motor listrik yang digunakan SU7 Ultra - dua unit V8s dan satu unit V6s - yang menghasilkan total output maksimum mencapai 1.548 hp. 

Angka ini menempatkan SU7 Ultra setara dengan hypercar bertenaga listrik terkemuka di dunia.

BACA JUGA:Audi Luncurkan Q4 35 e-tron, Mobil Listrik untuk Pasar yang Lebih Terjangkau

Untuk mendukung performa tinggi tersebut, Xiaomi berkolaborasi dengan CATL mengembangkan baterai Kirin 2, yang diklaim sebagai yang pertama di dunia. 

Baterai 897V ini mampu menghasilkan daya pelepasan hingga 1.330 kW, dan tetap dapat menghasilkan lebih dari 800 kW bahkan ketika kapasitas baterai tinggal 20%. 

Yang tak kalah mengesankan adalah kemampuan pengisian dayanya. Dengan kecepatan pengisian 5,2C, baterai SU7 Ultra dapat terisi penuh dalam waktu kurang dari 12 menit. 

Jika diasumsikan kapasitas baterainya sama dengan model SU7 lainnya, yakni 101 kWh, maka SU7 Ultra mendukung pengisian daya dengan kecepatan lebih dari 520 kW.

Xiaomi juga memperhatikan aspek bobot kendaraan. Seluruh panel bodi SU7 Ultra terbuat dari serat karbon dan 300 kg lebih ringan dibandingkan SU7 standar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: