Masjid Negara Megah di IKN Bisa Tampung Hingga 60.000 Jamaah

Masjid Negara Megah di IKN Bisa Tampung Hingga 60.000 Jamaah

Pembangunan Masjid Negara di IKN didesain tampung 60.000 jamaah. -Foto : Dokumen/Istiomewa.---

Lanskap hijau di sekitar masjid akan dihiasi dengan kolam retensi seluas 123.502 meter persegi yang akan dibangun oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV, di bawah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA).

Pembangunan awal masjid dimulai pada November 2023 dan ditargetkan selesai pada Desember 2024.

Nyoman Nuarta, desainer masjid ini, menyatakan bahwa pintu masjid dirancang untuk mengakomodasi arah angin dari mana pun. Udara panas akan keluar dari puncak kubah, sehingga udara segar selalu ada di dalam masjid.

Selain itu, masjid ini akan dikelilingi oleh air dan embung, serta menampilkan keindahan dalam desain eksterior dan interiornya.

Pemerintah juga merencanakan pembangunan gereja katedral, vihara, pura, dan kelenteng di kawasan ini, menjadikan Masjid Negara IKN sebagai pusat kegiatan ibadah yang besar dan ikon arsitektur yang akan memperkuat identitas ibu kota baru Indonesia di mata dunia.

Dengan perubahan desain ini, Masjid Negara diharapkan tidak hanya menjadi pusat ibadah yang megah, tetapi juga simbol keberagaman dan kemajuan bangsa Indonesia di era baru IKN Nusantarakita. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: