Jalan Wali Kota Haji Husni Jadi Lokasi Car Free Day Baru di Palembang

Jalan Wali Kota Haji Husni Jadi Lokasi Car Free Day Baru di Palembang

Jalan Wali Kota H Husni yang berada di Kecamatan Seberang Ulu I sebagai kawasan Car Free Day (CFD) di akhir pekan. -Foto: dokumen/ist.---

PALEMBANG - OKES.NEWS - Pemerintah Kota Palembang telah resmi meluncurkan kawasan Car Free Day (CFD) baru di Jalan Wali Kota Haji Husni, Kecamatan Seberang Ulu I, pada Minggu, 1 September 2024.

Lokasi ini dipilih karena kedekatannya dengan Jembatan Musi VI, salah satu ikon baru kota.

Pj Wali Kota Palembang, A Damenta, memimpin peresmian CFD ini dan turut berjalan kaki di sekitar area sambil menikmati jajanan dari UMKM setempat.

Dalam sambutannya, Damenta menyatakan bahwa CFD adalah langkah penting untuk mengurangi polusi udara serta mendorong masyarakat untuk berolahraga dan menggunakan sepeda sebagai moda transportasi.

"Car Free Day merupakan salah satu upaya kita untuk mengurangi polusi udara dan mempromosikan gaya hidup sehat," ujar Damenta.

Ia juga menekankan manfaat tambahan dari CFD, seperti penghematan bahan bakar minyak dan dukungan terhadap UMKM serta produk lokal melalui pameran yang digelar di area tersebut.

BACA JUGA:Tanah Longsor, 1 Unit Rumah Roboh dan Nyaris Nyemplung ke Sungai

BACA JUGA:Pemkab OKU Selatan Minta IGI Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Damenta meminta seluruh perangkat daerah untuk aktif terlibat dalam uji coba pemanfaatan Jalan Haji Husni sebagai pusat olahraga dan pameran.

Ia berharap CFD ini akan menjadi momentum untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan mendukung UMKM.

Selain peresmian CFD, Pj Wali Kota A Damenta juga melaksanakan giat gotong-royong Jumat Bersih di Aliran Anak Sungai Sekanak, Kecamatan Bukit Kecil.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempercantik wajah kota, mengurangi potensi banjir, dan meningkatkan kenyamanan warga. Damenta dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Camat Bukit Kecil, terlibat dalam pembersihan kawasan Rumah Susun (Rusun), didukung oleh petugas dan mobil pengangkut sampah.

Damenta menegaskan komitmennya untuk terus mempercantik kota dan merespons kebutuhan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan ini. "Lingkungan yang bersih tidak hanya mencegah penyakit tetapi juga mengurangi risiko banjir," tambahnya.

CFD di Jalan Wali Kota Haji Husni diharapkan dapat menjadi bagian integral dari upaya Pemkot Palembang dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman bagi seluruh warga kota. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: