Kesegaran Tradisional dalam Setiap Suapan Asinan Betawi

Kesegaran Tradisional dalam Setiap Suapan Asinan Betawi

Resep Asinan Betawi yang mudah dan autentik. (Foto ist)--

Bumbu Kuah, 100 gram kacang tanah, goreng, 2 siung bawang putih, 5 buah cabai merah besar, rebus, 3 sendok makan gula merah/aren, serut halus, 3 sendok makan cuka, 1 sendok makan ebi (udang kering), rendam air panas, 500 ml air, Garam secukupnya.

Pelengkap, Kerupuk kuning, Kerupuk mi, Kacang tanah goreng, secukupnya.

Cara Membuat

Persiapan Sayuran

Cuci bersih semua sayuran yang sudah disiapkan. Iris kol, sawi asin, timun, dan selada sesuai selera. Pastikan sayuran sudah dalam kondisi kering setelah dicuci agar tidak membuat kuah asinan terlalu encer.

Siangi tauge dan rendam dengan air hangat sebentar untuk menghilangkan rasa mentahnya. Tiriskan dan sisihkan semua sayuran.

Membuat Kuah Kacang

Haluskan kacang tanah yang sudah digoreng bersama bawang putih, cabai merah rebus, ebi yang telah direndam, dan garam. Kamu bisa menggunakan blender atau ulekan tradisional untuk hasil yang lebih autentik.

Setelah halus, masukkan bumbu halus tersebut ke dalam panci. Tambahkan air dan gula merah, lalu masak hingga mendidih.

Setelah mendidih, masukkan cuka dan aduk hingga rata. Cicipi kuah dan sesuaikan rasa dengan menambah garam atau gula jika perlu. Biarkan kuah dingin terlebih dahulu sebelum digunakan.

BACA JUGA:Nikita Mirzani Laporkan Seorang Berinisial VA Terkait Masalah Keluarga

BACA JUGA:2 Tenaga Asing di OKU Diduga Belum Perpanjangan Izin Kerja

Penyajian

Siapkan mangkuk besar, tata sayuran yang sudah disiapkan sebelumnya. Siram dengan kuah kacang yang sudah dingin secara merata.

Tambahkan kacang tanah goreng di atasnya sebagai taburan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: