Tips dan Trik Mengelola Keuangan Agar Tetap Bertahan Hingga Akhir Bulan

Tips dan Trik Mengelola Keuangan Agar Tetap Bertahan Hingga Akhir Bulan

Iustrasi mengatur keuangan. -Foto: Getty Images/iStockphoto/Morakot Kawinchan---

OKES.NEWS - Banyak pekerja dan karyawan yang mulai mengalami masalah keuangan, atau merasa kehabisan uang di pertengahan hingga akhir bulan.

Hal ini biasanya terjadi karena adanya kesalahan dalam mengelola pengeluaran sehari-hari.

Tak peduli seberapa besar gaji yang kamu terima, jika kamu tidak bisa mengatur keuangan dengan baik dan bijak, kamu tetap akan kesulitan menjelang akhir bulan.

Oleh karena itu, berikut ini kami bagikan beberapa tips dan trik dalam mengelola keuangan agar kamu tetap "bernafas" sampai akhir bulan:

Buat Daftar Belanja Bulanan

Salah satu cara efektif untuk menjaga kestabilan keuangan hingga akhir bulan adalah dengan membawa daftar belanja saat berbelanja. 

Dengan begitu, kamu tidak akan sembarangan membeli barang.

Biasakan untuk membuat daftar belanja yang jelas, mencantumkan kebutuhan yang harus dibeli. Gunakan tekad yang kuat agar tidak tergoda membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan.

BACA JUGA:Yasmine Ow Resmi Bercerai dari Aditya Zoni

BACA JUGA:Nothing Ear Earbud Terbaru dengan Desain Terbuka Dikenalkan Hari Ini

Jangan Lupakan Dana Darurat

Agar keuangan tetap aman, penting untuk memaksakan diri menabung. Selain itu, pastikan juga untuk menyisihkan dana darurat.

Dana darurat ini diperlukan untuk situasi tak terduga, seperti jika kamu harus mengganti ponsel yang hilang atau membutuhkan biaya untuk berobat.

Karena tak ada yang bisa memprediksi kejadian di masa depan, ada baiknya kamu mempersiapkan dana untuk menghadapi situasi tak terduga yang bisa membuat keuangan kamu kembang-kempis di akhir bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: