Mahasiswa Harvard Kembangkan Aplikasi yang Ungkap Info Pribadi dengan Kacamata Pintar

Mahasiswa Harvard Kembangkan Aplikasi yang Ungkap Info Pribadi dengan Kacamata Pintar

Dua mahasiswa Harvard, Anhphu Nguyen dan Caine Ardayfio, baru saja menciptakan aplikasi yang cukup kontroversial. (Foto cnet)--

OKES.NEWS - Dua mahasiswa Harvard, Anhphu Nguyen dan Caine Ardayfio, baru saja menciptakan aplikasi yang cukup kontroversial.

Berdasarkan sumber dari businessinsider Aplikasi ini bisa mengungkap informasi pribadi dari seseorang hanya dengan satu gambar.

Mereka memanfaatkan kacamata pintar Ray-Ban dari Meta yang ada kamera bawaan untuk mengenali wajah secara langsung.

Dengan teknologi ini, mereka bisa mendapatkan nama, alamat, nomor telepon, bahkan biografi orang yang terpotret.

Gimana Cara Kerjanya?

Aplikasi ini bekerja dengan cara streaming video dari kacamata Ray-Ban ke laptop, di mana software pengenalan wajah memproses gambar yang diambil.

Dalam waktu sekitar 90 detik, aplikasi ini bisa mendapatkan data detail tentang orang yang dipindai dengan menggunakan database online yang tersedia untuk umum.

Walaupun kacamata Ray-Ban itu sendiri tidak memiliki kemampuan pengenalan wajah, Nguyen dan Ardayfio menunjukkan bahwa fungsi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan software yang ada di perangkat lain.

BACA JUGA:Tips Hilangkan Bau Amis Ceker Ayam dengan Mudah

BACA JUGA:Kiky Saputri Umumkan Hamil Setelah Sempat Alami Keguguran

Kekhawatiran tentang Privasi

Nguyen dan Ardayfio merasa khawatir banget tentang masalah privasi yang muncul dari penemuan mereka.

Mereka sudah menghabiskan waktu banyak untuk mempelajari hukum privasi selama mengembangkan aplikasi ini dan berharap ada regulasi yang bisa mencegah penyalahgunaan teknologi semacam ini.

Mereka ingin lebih banyak orang sadar tentang pentingnya privasi digital dan cara melindungi diri dari teknologi yang invasif seperti pengenalan wajah.

Apa Implikasinya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: