ATR/BPN Fokus Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Pengaduan

ATR/BPN Fokus Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Pengaduan

--

Jakarta, OKES.NEWS,  – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kembali menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan masyarakat. 

Melalui Biro Hubungan Masyarakat (Humas), Kementerian ATR/BPN menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Pengaduan di lingkungan satuan kerja pusat.

Giat berlangsung di Grand Mercure Jakarta Kemayoran pada Kamis (03/10/2024), dengan tujuan mencari solusi kreatif dan inovatif untuk meningkatkan layanan pengaduan.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Humas, Harison Mocodompis, menekankan pentingnya pengelolaan pengaduan yang tidak hanya berfokus pada penurunan jumlah keluhan, tetapi juga pada upaya untuk menemukan tindak lanjut yang tepat dan solutif. 

Menurut Harison, masalah pertanahan yang kerap diadukan masyarakat akan terus ada, sehingga diperlukan inovasi dalam menangani pengaduan tersebut.

BACA JUGA:Bill Gates Tak Lagi Masuk 10 Orang Terkaya Dunia, Sekarang di Peringkat 12 Global

BACA JUGA:Menteri AHY Harapkan Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea

"Kita tidak hanya fokus menurunkan angka pengaduan, namun bagaimana kita meningkatkan kualitas pengelolaan pengaduan. Tugas kita adalah menemukan area-area yang bisa diperbaiki dan solutif bagi masyarakat," ujar Harison dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Harison mengungkapkan bahwa pengawasan dan evaluasi berperan penting dalam optimalisasi pengelolaan pengaduan. Melalui hasil pengawasan ini, diharapkan akan ada pemutakhiran dan perbaikan sistem yang dapat memperkuat layanan kepada masyarakat. Kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk memperkuat koordinasi lintas sektor di lingkungan ATR/BPN.

"Kami berharap tata kelola pengaduan bisa terus dioptimalkan melalui koordinasi yang lebih baik. Pengelolaan pengaduan ini sama pentingnya dengan isu-isu teknis lainnya, karena kepercayaan publik dan citra positif kita dipertaruhkan," tegas Harison.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari, hingga 5 Oktober 2024. Selain dihadiri oleh para Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, dan Admin Pengelola Pengaduan dari satuan kerja pusat, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari pihak eksternal ATR/BPN yang diharapkan mampu meningkatkan performa layanan pengaduan secara menyeluruh.

BACA JUGA:Menteri AHY Beri Pembekalan ke Taruna/i Akmil di Magelang

Berbagai materi penting terkait tugas dan fungsi di lingkungan Biro Humas turut dipaparkan dalam forum ini, termasuk penjelasan dari masing-masing Pejabat Administrator di Biro Humas. Hal ini menjadi bagian dari upaya ATR/BPN untuk terus mendorong profesionalisme dalam pengelolaan pengaduan.

Dengan adanya evaluasi dan monitoring yang menyeluruh, diharapkan Kementerian ATR/BPN mampu memberikan solusi yang lebih baik bagi masyarakat dalam menangani berbagai permasalahan pertanahan. Kepercayaan publik terhadap layanan ATR/BPN pun diharapkan dapat terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: