Menurut Penelitian Terbaru, Sedotan Kertas Ternyata Mengandung Bahan Kimia Berbahaya!

Sedotan kertas dan bambu yang selama ini dianggap lebih ramah lingkungan ternyata mengandung lebih banyak bahan kimia berbahaya. (Foto Freepik)--

OKES.NEWS - Sebuah penelitian terbaru dilansir dari sciencemediacentre yang dirilis di jurnal Food Additives and Contaminants menemukan fakta mengejutkan bahwa sedotan kertas dan bambu yang selama ini dianggap lebih ramah lingkungan ternyata mengandung lebih banyak bahan kimia berbahaya, yang disebut PFAS, dibandingkan sedotan plastik.

PFAS, yang sering dijuluki "forever chemicals," adalah zat kimia yang sangat sulit terurai dan bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Apa yang Ditemukan Penelitian?

Para ilmuwan di Belgia menguji 39 merek sedotan yang terbuat dari berbagai bahan seperti kertas, bambu, plastik, kaca, dan stainless steel.

Hasilnya, 90% dari sedotan kertas dan 80% dari sedotan bambu yang diuji mengandung PFAS.

Untuk sedotan plastik, 75% mengandung bahan kimia ini, sementara hanya 40% sedotan kaca yang mengandung PFAS.

Yang paling aman? Sedotan stainless steel, yang sama sekali tidak mengandung PFAS.