Puluhan Ribu Penonton Saksikan Panjat Pinang HUT RI 79 Plus

Senin 19-08-2024,11:00 WIB
Reporter : Aris Munandar
Editor : Gus Munir

Palembang - OKES.NEWS - Puluhan ribu Masyarakat yang berasal dari kota Palembang serta kota dan kabupaten lain di Sumatera Selatan, petang kemarin (18/8/2024), menjejali lapangan depan hotel Wyndham, kecamatan Jakabaring Palembang. Lomba panjat pinang yang digelar oleh Sumatera Ekspres sebanyak 79 batang plus 2, telah menyita perhatian masyarakat untuk menyaksikan secara dekat. Ajang panjat pinang ini sendiri sangat dinanti Masyarakat Palembang setiap tahunnya. 

Acara yang sudah menjadi magnet bagi masyarakat, bukan hanya karena tantangannya, tetapi menyesuaikan angka 79 dengan usia Republik Indonesia saat ini, ditambah dengan dua batang pohon pinang ekstra. General Manager Sumatera Ekspres, H. Iwan Irawan, dalam sambutanan mengatakan jumlah batang pohon pinang yang mencapai 81 buah pada tahun ini tidak lepas dari tingginya antusiasme masyarakat dan dukungan sponsor yang melimpah. 

"Kami melihat animo masyarakat yang begitu besar, serta banyaknya sponsor yang ingin berkontribusi dalam acara ini, sehingga kami menambah dua batang pinang lagi dari rencana awal 79 batang. Namun kita tetap menggunakan kata 79 batang, karena tidak mau mendahului kemerdekaan RI," ujar Iwan. 

Karena sudah menjadi program tahunan, H. Iwan Irawan juga menuturkan harapannya agar panjat pinang ini dapat menjadi salah satu aset destinasi pariwisata Provinsi Sumatera Selatan. "Kegiatan ini sebenarnya bisa kita kembangkan menjadi daya tarik wisata, apalagi di Indonesia, hanya Sumsel yang menyelenggarakan panjat pinang dengan skala sebesar ini. Mohon dukungan dari pemerintah Provinsi Sumsel, kita juga berharap kedepan acara ini dapat masuk dalam rekor MURI," pintanya. 

BACA JUGA:Spektakuler! 79 Pohon Pinang Diselengarakan Sumatera Ekspres Sukses Semarakan Kemerdekaan

BACA JUGA:Banyuasin Raih Penghargaan Insentif Fiskal Senilai Rp 6,83 miliar

Apalagi, Sumatera Ekspres berharap ajang panjat pinang dapat terus menjadi tradisi yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya, tidak hanya oleh masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan dari berbagai daerah. 

Vice President Bank Mandiri Region II Sumatera II, Bambang Indro Panoyo, menuturkan bahwa pihaknya merasa bangga dapat terus mendukung kegiatan ini. "Sebagai salah satu sponsor utama, Mandiri selalu berkomitmen untuk mensupport acara-acara yang dilaksanakan oleh Sumatera Ekspres. Kami melihat kegiatan ini sebagai bentuk kontribusi nyata kami dalam mendukung tradisi dan budaya yang ada di masyarakat," jelasnya. 

Dengan dukungan dari berbagai pihak, panjat pinang di Sumatera Selatan tidak hanya menjadi ajang perlombaan biasa, tetapi telah menjelma menjadi simbol kebersamaan dan semangat nasionalisme yang terus hidup dalam diri masyarakat Sumatera Selatan. Semoga tradisi ini terus berlanjut dan semakin berkembang di tahun-tahun mendatang. 

Sementara, bakal calon gubernur Sumsel, Herman Deru, yang akrab disapa dengan panggilan slogan "Menyala Abangku," turut hadir dalam acara ini dan memberikan dukungan penuh. Dalam sambutannya, Herman Deru mengajak seluruh masyarakat Sumsel untuk merasakan kebahagiaan bersama dalam momentum yang penuh makna ini. "Acara ini bukan sekadar lomba, tetapi merupakan momen untuk merayakan kebahagiaan bersama. Kita ingin seluruh masyarakat Sumatera Selatan dapat merasakan kegembiraan yang sama," ujarnya singkat. 

BACA JUGA:Banyuasin Raih Penghargaan Insentif Fiskal Senilai Rp 6,83 miliar

BACA JUGA:Cemburu Buta, Pria di Prabumulih Bacok Kepala Wanita Idaman

Herman Deru, juga bangga acara ini dibanjiri ribuan peserta. Yah saya lihat dari atas, ramai sekali orang yang hadir. Kita patut banggalah. Dan ini juga untuk kebahagiaan Masyarakat yang ada di kota Palembang dan Sumatera Selatan, kata HD, Ketika turun dari Helikopter dengan tulisan Menyala Abangku. 

Baik kedatangan maupun kepergian HD meninggalkan Lokasi acara, tak pelak calon yang berpasangan dengan Cik Ujang, ini diminta ratusan Masyarakat untuk berselfie. Dengan ramahnya HD, mengikuti permintaan dari Masyarakat. Tolong pak minta fotonya. Saya dari Musi Rawas Utara pak. Sengaja melihat pinang kesini. Dan kebetulan ketemu bapak. Sehat selalu yah pak. Kita berdoa bapak dapat memimpin SUmsel kedepan, ujar Asran.

Sementara itu PJ Gubernur Sumsel Elen Setiadi, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Edward Chandra, dalam sambutannya juga memberikan apresiasi tinggi terhadap kegiatan ini. "Pemerintah Provinsi sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan panjat pinang yang diselenggarakan Sumatera Ekspres. Kegiatan seperti ini tidak hanya memupuk rasa kebersamaan, tetapi juga melestarikan tradisi budaya yang sudah ada sejak lama," kata Edward. 

Kategori :