10 Makanan yang Bermanfaat Bagi Perkembangan Otak Janin

Selasa 24-09-2024,10:00 WIB
Reporter : Hesti
Editor : Gus Munir

OKES.NEWS - Ternyata, ibu hamil bisa mendukung kecerdasan si kecil sejak dalam kandungan dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi penting bagi perkembangan otak janin. 

Nutrisi dari makanan tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu, tetapi juga sangat berperan dalam perkembangan kognitif bayi.

Asupan nutrisi seperti asam lemak omega-3, folat, kolin, serta vitamin dan mineral lainnya, sangat diperlukan dalam pembentukan sel-sel otak dan fungsi kognitif lainnya. 

Oleh karena itu, memilih makanan yang tepat selama kehamilan menjadi langkah penting untuk menunjang pertumbuhan otak janin secara optimal.

Menurut laman kesehatan WebMD, berikut adalah beberapa makanan yang bermanfaat bagi perkembangan otak janin:

BACA JUGA:Meresahkan, Polisi Amankan Belasan Motor dalam Razia Balap Liar di Baturaja

BACA JUGA:OpenAI Capai Level 2, Teknologi AI Semakin Dekat Jadi Lebih Pintar dan Mandiri

1. Ikan salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3, khususnya DHA, yang sangat penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin. 

DHA terbukti mendukung fungsi kognitif dan penglihatan bayi. Selain itu, salmon juga mengandung protein berkualitas tinggi dan vitamin D yang penting untuk perkembangan tulang.

2. Telur

Telur merupakan sumber kolin yang sangat baik, nutrisi esensial untuk perkembangan otak. Konsumsi kolin selama kehamilan dapat meningkatkan fungsi memori anak. 

Telur juga mengandung omega-3, vitamin D, B12, protein, dan zat besi, yang mendukung pertumbuhan janin dan mencegah anemia pada ibu.

3. Selai kacang

Selai kacang mengandung vitamin E yang berperan sebagai antioksidan, melindungi sel otak dari kerusakan. Selain itu, lemak sehat dalam selai kacang juga membantu pembentukan membran sel otak.

Kategori :