Karyawan Wajib Miliki Soft Skills Agar Bisa Menghadapi Tantangan di Masa Depan

Kamis 24-10-2024,19:00 WIB
Reporter : Aris
Editor : Dedi

OKES.NEWS - Karyawan saat ini dituntut untuk memiliki soft skills agar dapat bertahan dalam industri yang semakin menantang. 

Laporan ‘Future Skills Index of Indonesian Talents’ yang disusun oleh Mekari, Skilvul, dan Int Labs, dengan dukungan Ravenry sebagai mitra riset pasar, mengungkap adanya perbedaan persepsi.

Yakni antara pekerja dan perusahaan mengenai soft skills yang diperlukan untuk kolaborasi di tempat kerja dan penyesuaian dengan dinamika industri.

Riset ini membagi soft skills, atau keterampilan non-teknis, menjadi 23 kategori berdasarkan survei kepada pekerja dan perusahaan. 

Hasilnya menunjukkan bahwa pekerja merasa tingkat soft skills mereka sudah memadai, sementara perusahaan melihat adanya kebutuhan untuk pengembangan lebih lanjut.

BACA JUGA:BESOK! Massa Demo di DPRD OKU, Gelar Aksi Tuntut Penetapan Ketua Definitif

BACA JUGA:Parah!!! Ayah di OKU Tega Cabuli Anak Kandung di Semak-semak

Stevens Jethefer, Kepala Bisnis Mekari Talenta, menegaskan pentingnya keselarasan persepsi antara pekerja dan perusahaan untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan. 

“Indonesia berambisi menjadi pemain besar dalam ekonomi global, dan pekerja berbakat adalah penggerak utama menuju tujuan tersebut. Karyawan perlu memiliki keterampilan teknis serta soft skills yang memungkinkan mereka beradaptasi dan berinovasi dalam industri yang cepat berubah,” ungkapnya.

Perusahaan memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan keterampilan karyawan. 

Riset ini melibatkan pekerja dari berbagai demografi, mulai dari pekerja kantor hingga pabrik, serta dari Generasi X (44-69 tahun) hingga Generasi Z (20-27 tahun).

William Hendradjaja, Chief of Business Skilvul, menambahkan bahwa riset ini menyimpulkan soft skills menjadi enam kelompok utama: adaptabilitas dan fleksibilitas, komunikasi, kreativitas dan inovasi, pemikiran kritis dan pemecahan masalah, kepemimpinan, serta manajemen diri. 

BACA JUGA:Dapatkan Energi Positif dengan Shinrin-yoku! Yuk, Jalan-Jalan di Alam!

BACA JUGA:Ace Pro 2 Action Cam Kece dari Insta360, Lebih Murah & Fitur Makin Canggih!

Menurutnya, komunikasi, kreativitas, dan pemikiran kritis sangat penting karena mempengaruhi kemampuan pekerja dalam menjalankan tugas dan berkolaborasi.

Kategori :