Karyawan Wajib Miliki Soft Skills Agar Bisa Menghadapi Tantangan di Masa Depan

Kamis 24-10-2024,19:00 WIB
Reporter : Aris
Editor : Dedi

Dalam penilaian keterampilan, 55,3% pekerja menyatakan bahwa komunikasi adalah keterampilan terpenting, diikuti oleh kreativitas dan inovasi (27,4%) serta pemikiran kritis dan pemecahan masalah (25,7%). 

Mereka berpendapat bahwa dengan ketiga keterampilan ini, mereka dapat berkontribusi lebih baik terhadap pencapaian tujuan organisasi. 

“Keterampilan komunikasi juga penting dalam konteks budaya Indonesia, yang menekankan penghindaran konflik, ketaatan pada hirarki, dan menjaga hubungan interpersonal,” tambahnya.

Sementara itu, perusahaan lebih mengutamakan komunikasi, dengan 65% menyatakan bahwa keterampilan ini adalah dasar bagi semua posisi. 

BACA JUGA:Ekowisata

BACA JUGA:Parah!!! Ayah di OKU Tega Cabuli Anak Kandung di Semak-semak

“Sebuah riset terpisah menunjukkan bahwa eksekutif bisnis menghabiskan 75% waktu mereka untuk berkomunikasi secara lisan dan tulisan,” lanjut Stevens.

Perusahaan juga sepakat akan pentingnya kreativitas dan inovasi (27,4%) serta pemikiran kritis dan pemecahan masalah (23,9%) karena dua keterampilan ini berdampak pada daya saing perusahaan.

Perbandingan antara Generasi X dan Generasi Z menunjukkan bahwa generasi yang lebih senior lebih mengutamakan kreativitas dan inovasi, dengan 21,2% responden Gen X menganggap keterampilan tersebut sangat penting, berbanding dengan Gen Y (18,6%) dan Gen Z (15,9%). 

“Ini mencerminkan tingkat karir, di mana Gen X umumnya sudah berada pada puncak karir yang menuntut keterampilan seorang pemimpin,” ungkap Stevens.

Terkait keterampilan untuk masa depan, semua generasi setuju bahwa fleksibilitas dan adaptabilitas adalah dua keterampilan kunci untuk kesuksesan karir di tengah perubahan cepat. 

BACA JUGA:Parah!!! Ayah di OKU Tega Cabuli Anak Kandung di Semak-semak

BACA JUGA:Dapatkan Energi Positif dengan Shinrin-yoku! Yuk, Jalan-Jalan di Alam!

Sebanyak 16,4% Gen Z menyatakan pentingnya kedua keterampilan ini untuk mencapai kesuksesan, diikuti oleh Gen Y (15,1%) dan Gen X (13,7%).

Riset menunjukkan bahwa pekerja Indonesia berkeinginan untuk mengembangkan keterampilan guna mempersiapkan diri menghadapi masa depan. 

Hingga 68% dari mereka telah berpartisipasi dalam program pelatihan yang disediakan perusahaan.

Kategori :