WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global

WHO Tetapkan Cacar Monyet Darurat Kesehatan Global

OKES.CO.ID, JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan wabah cacar monyet (monkeypox) sebagai darurat kesehatan global, kemarin (23/7). 

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan wabah cacar monyet telah menyebar di lebih dari 70 negara. Situasi ini memenuhi syarat sebagai keadaan darurat global. 

BACA JUGA: Penembak Mantan PM Jepang Dihukum Gantung

Keadaan darurat global adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO, tetapi bukan berarti suatu penyakit sangat menular atau mematikan.

Meskipun cacar monyet telah ditemukan di beberapa bagian Afrika tengah dan barat selama beberapa dekade, penyakit ini tidak pernah memicu wabah besar di luar benua tersebut atau menyebar luas di antara orang-orang hingga Mei kemarin. 

BACA JUGA: Sepertinya Bill Gates Sudah Bosan Kaya, Sumbang Hampir Semua Kekayaannya

WHO sebelumnya menyatakan keadaan darurat untuk krisis kesehatan masyarakat seperti pandemi Covid-19, wabah Ebola Afrika Barat 2014, virus Zika di Amerika Latin pada 2016 dan upaya berkelanjutan untuk memberantas polio.

Cacar monyet disebabkan virus human monkeypox (MPXV) orthopoxvirus dari famili poxviridae yang bersifat highlipatogenik atau zoonosis. Virus Ini pertama kali ditemukan pada monyet di tahun 1958, sedangkan kasus pertama pada manusia (anak-anak) terjadi pada tahun 1970.

BACA JUGA: Ups! Elon Musk Urung Beli Twitter

Sementar itu, Kementerian Kesehatan RI sedang berupaya melakukan upaya pencegahan penyebaran cacar monyet di Indonesia.

Juru Bicara Kemenkes RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH menyampaikan, hingga saat ini belum ada laporan kasus cacar monyet di Indonesia. “Namun demikian, pemerintah tetap berkomitmen untuk tetap melakukan tindakan preventif terhadap penyakit tersebut,” katanya. (alv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: