Warga Palembang Suspect Cacar Monyet, Hanya Diminta Jalani Isolasi Mandiri

Warga Palembang Suspect Cacar Monyet, Hanya Diminta Jalani Isolasi Mandiri

Seorang warga Palembang suspect cacar monyet, kini jalani isolasi mandiri. Gejala awal muncul di telapak tangan dan kaki.-istimewa-

Palembang – okes.newss,  JM, warga Kelurahan 3-4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang, dinyatakan sebagai suspect cacar monyet (Monkey Pox) dan saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah.

 Kondisi ini terungkap setelah JM mengunjungi Puskesmas 4 Ulu pada Kamis (29/8) lalu karena merasakan gejala yang mengarah pada cacar monyet selama seminggu sebelumnya.

Kepala Puskesmas 4 Ulu, dr. Hj. Darlina, melalui dr. Gerry Arvin Taruna, menyampaikan bahwa JM menunjukkan lesi di telapak tangan dan kaki, yang berbentuk keropeng berwarna hitam. 

“Setelah pemeriksaan, kami memberikan obat-obatan untuk meredakan gejala, dan kondisi JM mulai membaik setelah dua hari pengobatan,” ujar dr. Gerry pada Selasa (3/9).

BACA JUGA:Menteri AHY Berikan Ceramah Inspiratif di SMA Taruna Nusantara

Meskipun lesi cacar monyet umumnya menyebar ke seluruh tubuh, dalam kasus JM, lesi hanya terdeteksi di telapak tangan dan kaki.

 Pihak puskesmas menegaskan bahwa JM tidak melakukan perjalanan ke luar kota, tetapi sempat berinteraksi dengan tetangganya sebelum gejala muncul.

Saat ini, sampel telah dikirimkan ke Dinas Kesehatan untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

“Kami menghimbau agar JM tetap berada di rumah dan menghindari kontak dengan orang lain selama masa isolasi,” tambah dr. Gerry.

BACA JUGA:Samsung Galaxy M05 Segera Meluncur Ini Bocoran Terbarunya

Puskesmas juga mengimbau masyarakat yang mengalami gejala serupa untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. 

Tindakan cepat dapat mencegah penyebaran penyakit lebih lanjut.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: