10 Tahun, Kualitas IPM OKU Konsisten Naik

10 Tahun, Kualitas IPM OKU Konsisten Naik

Foto: Ilustrasi. (*)--

Peningkatan pembangunan kesehatan manusia di Kabupaten OKU bisa dilakukan dengan sarana kesehatan yang cukup memadai ini. Namun di sisi lain, peningkatan pembangunan kesehatan ini juga perlu perbaikan pola hidup masyarakat, dukungan pemerintah, ketersediaan sumber air minum bersih, fasilitas buang air besar, dan tempat pembuangan akhir tinja yang layak. 

Dukungan pemerintah daerah dapat berupa sosialisasi atau penyuluhan pola hidup sehat dan pemanfaatan air bersih atau pemberian fasilitas sumber air bersih dan sanitasi yang layak.  

BACA JUGA: Sapi Terkena PMK, Apakah Layak untuk Kurban?

Peningkatan pembangunan kesehatan manusia akan meningkatkan kualitas hidup yang akan memperpanjang Usia Harapan Hidup (UHH). Selain itu sosialisaikan pula pola makan yang sehat dan bahaya rokok untuk kesehatan.

Prestasi Kabupaten OKU dalam capaian kualitas pembangunan manusia beberapa tahun terakhir cukup membanggakan. Kualitas pembangunan manusia Kabupaten OKU merupakan level tertinggi antar kabupaten di Sumatera Selatan dalam 5 tahun berturut – turut.

Kabupaten OKU berada di peringkat keempat setelah kota Palembang, Prabumulih dan Lubuk linggau. 

Namun, capaian kualitas pembangunan manusia yang selama ini didapat belum mampu mendongkrak nilai IPM Kabupaten OKU pada level “tinggi” (70 ≤ IPM < 80).  

Semoga, dengan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten OKU yang meningkat akan mendongkrak nilai IPM, tentunya didukung dengan peningkatan pengetahuan dan standar hidup layak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: