44 Siswa Jenjang SMA Kabupaten OKU ikuti OSN Tingkat Provinsi

44 Siswa Jenjang SMA Kabupaten OKU ikuti OSN Tingkat Provinsi

OSN : Para peserta mengerjakan soal - soal OSN di hari pertama untuk Mapel Matematika dan astronomi. foto : jeki/okes.disway.id--

OKES.DISWAY.ID - Puluhan siswa/siswi jenjang SMA Negeri maupun Swasta di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mengikuti kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Provinsi Sumatera Selatan. 

 

Penanggung Jawab OSN Tingkat SMA Kabupaten OKU, Budi Taryono SPd MM melalui Ketua Pelaksana OSN Tingkat SMA Kabupaten OKU, Hj Jumiati SPd MM, menjelaskan, bahwa pelaksanaan OSN Tingkat Provinsi digelar secara bersama di laboratorium komputer SMA Negeri 4 OKU,  dengan sembilan bidang  keilmuan meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

 

“Pelaksanaan agenda tahunan ini bertujuan untuk memfasilitasi bakat, minat dan prestasi peserta didik dibidang sains, sehingga  melalui kompetisi sains diharapkan mampu membentuk peserta didik berprestasi yang jujur, disiplin,sportif, tekun,kreatif, cinta tanah air dan berkarakter," ucap Jumiati.

 

Sementara itu, Proktor OSN tingkat SMA kabupaten OKU, Hikmatul Jauhari SPd menyampaikan, pelaksanaan OSN diawali seleksi dari tingkat sekolah. Dari siswa/siswi terbaik mewakili sekolah untuk berkompetisi ditingkat Kabupaten/Kota, ke tingkat provinsi, bahkan Nasional yang nantinya mewakili Provinsi Sumatera Selatan.

 

"Untuk peserta OSN tingkat provinsi ada 44 siswa dari 15 sekolah Negeri dan Swasta,” jelasnya.

 

Pelaksanaan OSN, akan digelar selama empat hari, hari pertama meliputi mata pelajaran Astronomi dan matematika. Selama ujian berlangsung masing-masing peserta diberikan waktu selama kurang lebih tiga jam untuk mengerjakan soal. OSN dihari kedua untuk mata pelajaran Kimia dan geografi, hari ketiga biologi dan kebumian, dan di hari terakhir informatika/komputer, ekonomi dan fisika.

 

"Semua pelaksanaan dilakukan secara daring atau online, yang  terkoneksi langsung di server pusat, demikian untuk  pengoreksian  lembar jawaban pun langsung di pusat. Pengawasan pun juga melalui online melalui zoom, dari kamera peserta dan kamera yg di pasang di ruangan. Kita berharap peserta dapat mengikuti seleksi secara baik, serta masuk perangkingan terbaik disetiap bidang study sehingga bisa mengikuti OSN tingkat nasional," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: