Trending ! Wisata Air Harus Ada Batas Akses dan Siaga Tim Penyelamat

Trending ! Wisata Air Harus Ada Batas Akses dan Siaga Tim Penyelamat

evakuasi pengunjung Pantai Pelangi Danau Ranau OKU Selatan. --

Wisata Air Harus Ada Batas Akses dan Siaga Tim Penyelamat

 

OKES.CO.ID – Tewasnya seorang pengunjung di objek wisatab Danau Ranau, Kabupaten OKU Selatan mendapatan sorotan warganet. Khususnya pada sisi keamanan di Pantai Pelangi yang kini jadi rujukan wisatawan.

 

BACA JUGA:Disapu Ombak Danau Ranau, Warga OKU Tenggelam

Wisata tersebut, saran warga seharusnya memiliki petugas keamana wisata. Apalagi wisata air sangat rentan dengan kecelakaan.

“Wisata air itu wajib ada penjaganya. Tidak hanya itu, mereka juga harus terlatih, “ ujar Putri, warga Kabupaten OKU Selatan.

Dirinya mencontohkan wisata air seperti arung jeram, sangat minim kecelakaan. Karena sudah ada antisipasinya dari awal.

“Harus ada tim penyelamat yang siaga, selain itu harus tegas aturannya. Contohnya wajib pakai pelampung, kalau tidak dipakai jangan diberi masuk, “ pesannya.

Menurut dia, adanya kecelakaan di Pantai Pelangi akan membuat minat masyarakat menurun. Karena kekhawatiran mereka terhadap keamanan wisata.

 “Termasuk tanda atau batasan yang boleh diakses. Karena jika sudah diingatkan, tinggal lagi wisatawan yang menentukan resikonya, “ ulasnya.

Sementara, Dodi warga Kabupaten OKU dimintai pendapat terkait keamanan wisata sepakat jika keamanannya ditingkatkan. Dirinya mencontohkan wisata Belanting River Tubing dan Mending Rafting di Kecamatan Ulu Ogan.

“Sebelum main ada breafing dari petugas, “ ungkapnnya.Selain itu setiap pemain wajib pakai pelampung. Karena untuk menekan resiko kecelakaan.

“Kalau pun masih terjadi, itu takdir. Tapi kita sudah berupaya mengantisipasinya, “ tandasnya. *

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: