Meski Tarif Ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Gratis, Perhatikan Imbauan dari Pengelolanya?

Meski Tarif Ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Gratis, Perhatikan Imbauan dari Pengelolanya?

Pintu Gerbang Tol Baitussalam Aceh--

Meski Tarif Ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Gratis, Perhatikan Imbauan Dari Pengelolanya? 

ACEH-OKES.NEWS- Warga Aceh dan sekitar telah menikmati tol ini. Ya, pada tanggal 22 Juni 2023, seksi 5 dan 6 Jalan Tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) yang terletak antara Blang Bintang dan Baitussalam telah dioperasikan. 

Pengoperasian ini dilakukan selama 24 jam dan masih tidak dikenakan tarif atau belum berbayar selama masa sosialisasi berlangsung, sampai adanya Surat Keputusan dari Menteri PUPR mengenai tarif penggunaan jalan tol.

Meskipun pengguna dapat melintasi seksi 5 dan 6 sepanjang 12,7 km secara gratis mulaio menjelang Hari Raya Idul Adha, Totok Masyadi, Branch Manager PT. Hutama Karya, tetap mengimbau kepada semua pengguna jalan tol untuk tetap mempersiapkan kartu uang elektronik (e-toll) agar dapat menggunakan jalan tol tersebut.

Tjahjo Purnomo, Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris PT. Hutama Karya, mengumumkan bahwa pengoperasian seksi tersebut dilakukan setelah Sertifikat Laik Operasi (SLO) diterbitkan pada tanggal 14 April 2023. 

Sebelumnya, pada 6 hingga 7 Februari 2023, dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) untuk memastikan keselamatan dan manajemen lalu lintas jalan serta memenuhi spesifikasi teknis dan persyaratan fasilitas perlengkapan jalan.

Pada momentum mudik Hari Raya Idul Fitri beberapa bulan sebelumnya, seksi 5 dan 6 Jalan Tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) dioperasikan secara fungsional dan telah dilalui lebih dari 10 ribu kendaraan tanpa adanya kecelakaan.

Menurut T. Robby Irza, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh, seksi 6 Baitussalam dapat membantu mengurai arus kendaraan mudik dari Lambaro menuju Indrapuri, mengurangi kemacetan yang sering terjadi di kawasan Indrapuri dan Lambaro. 

Selain itu, dibukanya seksi 6 Sibanceh juga akan meningkatkan penggunaan oleh angkutan barang besar untuk distribusi logistik dari Pelabuhan Krueng Raya dan truk tangki minyak yang mengantar Bahan Bakar Minyak ke SPBU di wilayah Sigli dan Pidie Jaya. 

Jalan Tol Sibanceh juga diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dan mengembangkan kawasan wisata setempat.

Robby juga mengingatkan para pengguna Jalan Tol Sibanceh untuk mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku, seperti mematuhi batas kecepatan antara 60 hingga 100 km per jam, menjaga jarak dengan kendaraan di depan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat.

BACA JUGA:Pengelola Jalan Tol Peduli Pendidikan, Ini Bentuknya?

Jalan Tol Sigli-Banda Aceh memiliki panjang total 74,2 km dan terdiri dari 6 seksi. 

Tiga seksi sudah dioperasikan sebelumnya, yaitu Seksi 2 Seulimeum-Jantho (6,26 km) yang dioperasikan pada 8 Maret 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: