Mega Proyek, Menghubungkan 18 Pulau Terluar Indonesia, dari Aceh Sampai Papua

Mega Proyek, Menghubungkan 18 Pulau Terluar Indonesia, dari Aceh Sampai Papua

Kementerian PUPR Tingkatkan Konektivitas 18 Pulau Terluar dari Aceh hingga Papua--

Mega Proyek, Menghubungkan 18 Pulau Terluar Indonesia dari Aceh Sampai Papua 

OKES.NEWS- Ini upaya mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur di Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah memfokuskan perhatiannya bukan hanya pada Pulau Jawa atau kota-kota besar.

Tetapi,  juga pada kawasan perbatasan dan pulau-pulau terdepan atau terluar Nusantara

Salah satu langkah penting yang dilakukan adalah meningkatkan konektivitas di 18 pulau terluar, sejalan dengan Peraturan Presiden No. 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024. 

Perpres itu juga menetapkan adanya 18 Pulau Terluar, Terdepan, dan Tertinggal (3T) yang membutuhkan perhatian khusus.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian, menjelaskan bahwa pembangunan infrastruktur jalan di 18 Pulau 3T tidak hanya berupa jalan lingkar pulau atau trans pulau.Akan tetapi, juga melibatkan pembangunan jalan akses. 

BACA JUGA:Meski Tarif Ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) Gratis, Perhatikan Imbauan dari Pengelolanya?

Dari 18 pulau tersebut, sebanyak 16 pulau telah memiliki jaringan jalan nasional eksisting, sedangkan 2 pulau yaitu Pulau Enggano dan Pulau Kei Besar/Pulau Nuhu Yut masih belum dilalui jalan nasional.

Mega proyek untuk kepentingan masyarakat. Berikut adalah beberapa pembangunan jalan dan jembatan di pulau-pulau terluar:

1. Perjalanan dimulai dari Provinsi Aceh, di mana terdapat Pulau Simeme yang telah dibangun jalan nasional sepanjang 76,39 km dengan kondisi aspal yang seluruhnya terjaga dengan baik (kemantapan 99,74%). 

Jaringan jalan nasional di Pulau Simeulue menghubungkan Ibu Kota Kabupaten di Sinabang dengan Bandara Lasikin, melintasi hingga Nasreuheu.

Pemerintah terus melakukan pemeliharaan jalan dan jembatan sesuai kebutuhan dan kondisi lapangan yang riil.

2. Pulau Nias dan Mentawai di Sumatera Utara juga mendapat perhatian khusus. 

Pulau Nias telah memiliki jaringan jalan nasional sepanjang 171,33 km yang menghubungkan PKW Gunung Sitoli dengan Pelabuhan Gunung Sitoli, Bandara Binaka, dan KSPN Teluk Dalam Nias. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: