HARGA Bawang Merah di Pasar Tradisional Baturaja Tembus Rp50 Ribu

HARGA Bawang Merah di Pasar Tradisional Baturaja Tembus Rp50 Ribu

TEKS: NAIK: Harga bawang merah di Kabupaten OKU alami kenaikan dengan harga mencapai Rp50 ribu perkilogramnya. ()-Foto: Dedi/OKES-

BATURAJA-OKES.NEWS -Harga bawang merah akhir-akhir ini alami kenaikan. Dimana saat ini bawang merah Brebes tembus Rp50 ribu perkilogramnya. Dari harga sebelumnya kisaran Rp32 ribu perkilogramnya.

“Kenaikan terjadi dari sebelum Lebaran Idul Adha. Dari sebelumnya kisaran harga Rp32 ribu hingga Rp35 ribu perkilogramnya,” kata salahsatu pedagang bawang di lapak Sumber Sayur, Pasar Baru, Roni, Minggu (9/7).

Kenaikan harga bawang merah diduga disebabkan masih musim penghujan. Itu karena petani akan lebih cepat memanen bawang merah dari biasanya. 

BACA JUGA:Lakalantas di Sepancar Truk Tabrak Truk Begini Kronologisnya

“Kalau musim hujan tidak cepat dipanen, kemungkinan panen bisa gagal. Karena bawang akan cepat busuk.Sehingga, harga bawang merah musim penghujan seperti saat ini relatif tinggi,” imbuh Roni.

Meski alami kenaikan, lanjut Roni, penjualan bawang merah tak terlalu berpengaruh di pasaran. Pasalnya, hampir semua masyarakat membutuhkan bawang merah untuk salahsatu bumbu masakan.

“Sejauh ini masih cepat terjual. Kami saat ini harus mengikuti harga pasar. Karena, bawang merah tidak tahan lama. Sehingga, harus cepat terjual. Dan saat ini penjualan masih relatif aman,” sambung Roni. 

BACA JUGA:Bertahap Harga Beras Naik Kini Tembus Rp13 Ribu, Masyarakat Makin Susah, Pemerintah Berdalih Seperti ini

Roni menambahkan, jika bawang merah alami kenaikan, tapi tidak untuk bawang putih. Roni mengatakan, harga bawang putih masih stabil di kisaran harga Rp40 ribu perkilogramnya.

“Kalau bawang putih harganya terus stabil. Karena bawang putih banyak impor dari China. Berbeda dengan bawang merah yang mayoritas mengambil dari petani lokal Indonesia,” pungkas Roni. (ded)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: